Kasadar.com | Bagi anak-anak, buah dan sayur sering kali tidak menarik dan terasa tak enak. Padahal, buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak.
Studi yang dipublikasikan di jurnal Appetite meninjau 120 studi eksperimental untuk mencari tahu cara dan pendekatan yang paling berhasil membuat anak menyukai buah dan sayuran.

Hasilnya, pemberian buah dan sayur dengan cara mengontrol perilaku anak seperti memberikan tekanan maupun penghargaan saat mengonsumsi buah dan sayur dapat berbahaya bagi jangka panjang.

Penelitian pada 2011 menunjukkan bahwa memaksa anak berusia 1 tahun memakan buah dan sayur dengan tekanan dapat mengurangi asupan buah dan sayur di masa depan.

Pada studi 2005 juga ditemukan bahwa ibu yang memaksa anak perempuan yang berusia 7 tahun untuk makan buah dan sayur justru mengalami pola makan negatif dua tahun kemudian.

Dikutip dari Psychology Today, peneliti menjelaskan tekanan membuat anak lupa akan rasa senang, rasa lapar, dan rasa kenyang saat menyantap buah dan sayur.

Menurut penelitian ini, cara mudah mengajarkan anak suka makan buah dan sayur terletak pada mengajak anak makan dengan sadar. Orang tua mesti memberitahu anak tentang buah dan sayur yang mereka konsumsi termasuk kandungan gizi dan manfaat yang diberikan.

Berikut tiga cara mudah membuat anak suka makan sayur dan buah:

1. Melibatkan anak secara langsung
Pendekatan yang membuat anak terlibat langsung dalam dengan buah dan sayur seperti berkebun, berbelanja, dan proses memasak terbukti membuat anak makan sayur dan buah lebih banyak.

Anak menjadi lebih tahu proses pembuatan makanan sehingga membuat mereka ingin mencoba makanan tersebut.

2. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau
Studi ini menemukan bahwa meletakkan buah dan sayur di tempat yang mudah dijangkau oleh anak membuat mereka lebih cenderung menghabiskan makanan tersebut. Letakkan sayur dan buah dekat dari jangkauan anak agar menyita perhatian mereka dan membuat mereka mau makan sayur dan buah dengan sendirinya.

3. Beri contoh
Memberikan contoh makan buah dan sayur di depan anak juga efektif membuat anak tergiur. Anak-anak akan meniru apa yang dimakan oleh orang-orang di sekitar mereka. Makanlah buah dan sayur dan tunjukkan bahwa makanan tersebut nikmat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here