4 Tips Membuat Anak Betah dan Nyaman di Rumah

21
116

Kasadar.com, Jakarta | Tak sedikit orang tua yang merasa khawatir ketika anaknya bermain di luar rumah. Kekhawatiran tersebut muncul karena orang tua takut kalau anak mereka mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.
Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, tidak sedikit orang tua yang membatasi anaknya bermain di luar rumah. Sayangnya, upaya tersebut kerap membuat anak menjadi bosan sehingga mudah menjadi rewel.

Oleh karena itu, setiap orang tua harus memutar otak agar sang anak tidak bosan dan nyaman ketika berada di rumah. Nah, berikut adalah tips membuat anak betah dan nyaman di rumah.

1. Melakukan Eksperimen Sains

Melakukan eksperimen sains merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat anak menjadi nyaman dan betah di rumah. Selain itu, kegiatan ini juga mampu menstimulasi anak agar mengasah kemampuan dan kreativitas mereka.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa melatih anak untuk menggunakan lima indera dan mengenal berbagai gejala benda dan peristiwa. Anak-anak pun bisa memperoleh pengetahuan baru dari hasil percobaan sains yang mereka lakukan.

Ada sejumlah ide eksperimen sains yang bisa dilakukan di rumah, seperti menghasilkan suara dari gelas kaca yang diisi air, memindahkan suatu cairan ke suatu tempat dengan tisu, membuat di gelas berisi pelangi, dan lainnya.

2. Libatkan Anak saat Membuat Kue

Selain eksperimen sains, melibatkan anak saat membuat kue juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Anak bisa diberikan peran yang mudah seperti mengaduk telur, membantu menyiapkan bahan masakan, dan lainnya.

Ketika mendapatkan peran, arahkan mereka untuk melakukan tugas dengan benar. Dengan begitu, secara tidak langsung orang tua mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab terhadap peran atau tugas yang mereka miliki.

3. Bikin Mainan dari Bahan Sederhana

Setiap anak-anak pasti suka kalau diberikan mainan. Biar anak makin senang tidak ada salahnya kalau orang tua mengajak mereka untuk membuat mainan sendiri dari bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Ada banyak bahan-bahan sederhana yang bisa dimanfaat untuk membuat mainan anak, seperti botol bekas yang bisa disulap menjadi mobil-mobilan. Bisa juga menggunakan kulit jeruk Bali untuk disulap menjadi mobil-mobilan.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, kreativitas anak bisa lebih terasah dan mampu menanamkan arti pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

4. Ajak Anak Saksikan Film Edukasi

Salah satu kegiatan seru yang bisa bikin anak betah di rumah yakni dengan cara mengajak mereka untuk menyaksikan film edukasi. Sebab menyaksikan film bersama anak menghadirkan manfaat tersendiri seperti mengasah kemampuan imajinasi, keterampilan kognitif, dan dapat menghibur mereka.

Agar aktivitas menonton film bersama anak makin berkesan, tidak ada salahnya menggunakan smart tv Panasonic Android TV HX600 Series. Smart TV tersebut telah dibalut dengan sejumlah teknologi yang mampu memberikan pengalaman terbaik ketika menonton film apapun.

Pasalnya Panasonic Android TV HX600 Series memiliki kemampuan 4K ultraHD, Wide Viewing Angle, Hexa Chrome Drive, HDR10, dan lainnya. Smart tv ini turut dilengkapi dengan fitur Android 9.0, Asisten Google, Chromecast Built-in, Wireless LAN Built-in, Internet Apps, Web Browser, Bluetooth, Media Player, 3 HDMI, 2 USB, dan lainnya. Sehingga aktivitas menonton tv menjadi lebih menyenangkan dengan tampilan gambar berkualitas.

 

21 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here