5 Magister Berbagi Ilmu di “sharing sesion Himpasay”

161

Kasadar.com, Yogyakarta | Sebanyak 5 orang magister mengisi acara “sharing sesion Himpasay” yang dilaksanakan pada sabtu, (09/02/2019).

Kelima Magister tersebut merupakan mahasiswa yang telah selesai studi di kampus-kampus ternama di yogyakarta. Diantaranya Afrijal (Magister ilmu pemerintahan, UMY), Raudhah (Master of Science in Biology, UGM), Raudhatul Hayah (Magister Manajemen, UII), Erma Suryani (Master of Science in Faculty of Mathematics and Natural Sciences , UGM) dan Fajri (Master of Art, UGM).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula utama Asrama Aceh balee gadeng Yogyakarta tersebut dihadiri oleh mahasiswa Aceh yang studi di Yogyakarta. Hadir juga pemantik sekaligus pembina Himpasay yaitu dua kandidat Doktor Masrizal, MA dan Akmal Saputra, MA.

Kegiatan shering sasion ini mengangkat tema “Exclusive with fresh alumni of HIMPASAY from vary university in Yogyakarta”

Dalam sambutannya, ketua Himpasay saat pembukaan acara menyatakan kegiatan “shering sesion” ini merupakan kegiatan rutinan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang harus kita laksanakan tiap event pasca teman Pascasarjana (S2 dan S3) wisuda sebelum pulang kampung mengaplikasikan ilmunya di Aceh. HIMPASAY memfasilitasi diskusi ini untuk memotivasi magister, maupun doktor baik yang kuliah di kampus negeri atau swasta. Diharapkan ajang shering sesion ini  menjadi tempat berbagi ilmu dan mampu meningkatkan motivasi mahasiswa untuk segera bisa menyelesaikan studinya. Kita berkomitmen untuk menghadirkan terobosan baru seputaran kajian ilmiah yang bermanfaat untuk daerah”. Pungkas Heri.

Lulusan Pascasarjan jurusan Matematika, bidang Minat Statistika Universitas Gajah Mada Erma Suryani mengangkat judul tesisnya tentang Estimator Densitas kernel, Pemilihan  Bandwidth, Simulasi dan AplikasiFungsi densitas merupakan suatu konsep dasar dalam statistika yaitu sebagai penentu besar probabilitas untuk suatu selang yang diberikan. Ketika fungsi densitas  dari suatu variabel random  tidak diketahui, maka dilakukanlah estimasi terhadap fungsi densitas. Untuk mengestimasi fungsi densitas , digunakan pendekatan nonparametrik, salah satunya dengan menggunakan estimator densitas kernel (Kernel Density Estimator), yaitu , dan ketika  maka estimator ini bersifat asimtotik tak bias. Dalam hal ini, dilakukan suatu penelitian untuk menentukan normalitas asimtotik untuk estimator fungsi densitas kernel dengan menggunakan data stasioner dan data dependent kontinu. Selanjutnya metode numerik dilakukan untuk menggambarkan dampak dari proses sampling suatu data. Untuk melihat estimator kernel terbaik maka dilakukanlah beberapa simulasi terhadap jenis kernel dan pemilihan bandwidth yang digunakan. Data dan pengolahan data disimulasikan dengan menggunakan software R.

Dari pemaparan diatas oleh Alumni UGM ini menyimpulkan Untuk mendapatkan bandwidth optimum dalam kasus estimasi densitas ini digunakan beberapa kernel sebagai pembanding, sehingga diperoleh dari masing-masing bandwidth optimal masing-masing kernel, kernel gaussian yang memberikan nilai bandwidth yang cukup baik karena menghasilkan MSE yang lebih kecil dibandingkan dengan dua kernel yang lainnya, yaitu Uniform dan Epanechnikov terhadap tingkat keakuratan dalam inferensi nonparametrik. Hasil simulasi data untuk sesuai dengan teoritis bahwa  memberikan  yang bermakna bahwa hasil estimasinya bersifat asimtotik tak bias. Dalam hal ini diambil sampel dengan  dan . Dipilih bandwidth . Estimasi densitas dilakukan dengan menggunakan kernel gaussian secara visual grafik data dilihat bahwa semakin besar  semakin mulus kurva. Sebaliknya, semakin besar  semakin mulus kurva.

Hasil dari kesimpulan ini Putri S1 Alumni Universitas Negeri Medan merecomendasikan bahwa Permasalahan estimasi densitas sering terdapat dalam riset sebuah peramalan, sehingga dalam prakteknya, tentu menemukan hal-hal yang cukup kompleks salah satunya dengan tidak diketahuinya bagaimana pola sebaran data berakibat kepada hasil interpretasi yang kurang tepat dalam suatu data. Untuk menghasilkan hasil yang lebih akurat, penambahan varibel X sangat diperlukan, dan disarankan juga untuk dilakukan simulasi terhadap data random yang bernilai positif dan bersifat diskrit. Sangat dimungkinkan pula untuk digunakan kernel pembanding lainnya, dan dihitung nilai MSE, A-MISE, dan dilakukan perbandingan interval ketepatan rata-rata, Undersmoothing (US), Bias Corrected (BC), Robust Bias Correction (RBC) dalam pemilihan bandwidth optimal.

Selanjutnya Magiter of Science of Biologi UGM Raudhatul Hayatillah meriset tentang  akibat polusi udara mengakibatkan makanan yg tidak sehat, pengawet,  micin memicu terjadinya stres oksidatif pada tubuh yg berdampak pada munculnya berbagai macam penyakit seperti kanker dan penyakit yg menyerang sistem imun, sehingga dilakukan pemanfaatan ekstrak kulit buah jambu Mete/jambu monyet/boh jambe hana male sebagai antioksidan pada model sel vero. Dari proses penelitian di Laboratorium Raudhah menyimpulkan ekstrak kulit buah jambu mete berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mengurangi stres oksidatif.

Banyak harapan dari hasil penelitian ini, dya merecomendasikan perlu pengembangan lebih lanjut, uji ekstrak kulit buah jambu mete terhadap hewan mamalia, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber obat-obatan, dan dipasarkan di dunia industri. Selain itu, diharapkan jg banyak penelitian2 terkait lainnya tentang tumbuhan yg berfungsi sebagai obat (yg diuji secara ilmiah), mengingat Aceh kaya akan tumbuh2an yg beraneka ragam. Melihat dari hasil risetnya dibutuhkan perhatian dan support dari pemerintahan untuk pengembangan risetnya menjadi temuan baru dari anak daerah.

Selaku seorang lulusan pascasarjana Sosiologi Muhammad Mazri Fajri lulusan Pascasarja UGM, dia menitik beratkan risetnya tentang ketidak berdayaan masyarakat lokal dalam mengelola potesi alam yang mereka miliki sehingga di ambil alih oleh pendatang asing dalam pengelolaan potensi alam tersebut. Laki-laki kelahiran Sabang ini menyimpulkan bahwa masyarakat lokal di desa Ie meulee (sabang) saat telah punya kesadaran untuk mengelola potensi lokasi wisata yang mereka miliki namun masih terbatas, baik itu dari sisi ekonomi, politik dan kultural. Artinya masyarkat lokal saat ini telah berdaya namun terbatas dan membutuhkan perhatian dari pemerintah supaya tidak terjadi lagi simpangsiur antara pengelola lokal dengan industrial. Dari hasil penelitian ini harapan kedepannya ialah adanya suatu struktrur yang mampu merangkul masyarakat lokal untuk sadar dan mampu mengelola lokasi wisata yang mereka miliki sebagai sumber daya untuk memberdayakan diri secara utuh.

Putra Kelahiran Aceh Jaya Afrijal baru saja menamatkan kuliahnya di Pascasarjana jurusan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui penelitiannya tentang Analisis Pengawasan DPRK Aceh Jaya terhadap Program Listrik Gratis, karena kegelisahannya melihat fonomena dilapangan kinerja DPRK Aceh Jaya sebagai Badan yang tanggungjawab terhadap pengawasan program listrik gratis sesuai dengan peraturan yang ada. Setelah melakukan penelitian langsung Afrijal mantan ketua Himpasay 2017 menyimpulkan risetnya bahwa Pengawasan Anggota DPRK  terhadap program listrik gratis belum maksimal. Dari hasil penelitian oleh Alumni S1  Ilmu Politik Unsyiah ini merecomendasikan bahwa Anggota DPRK Aceh Jaya Supaya meningkatkan kinerja pengawasan terhadap program listrik gratis, agar setiap kebijakan yang di implementasikan oleh Pemerintah Daerah (Eksekutif) dapat berjalan sebagaimana peraturan yg berlaku, tepat sasaran serta dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Putri lulusan pascasarjana magister manajemen Universitas Islam Indonesia, Raudhatul Hayah menulis riset tentang Determinan word of mouth pada rumah makan di Yogyakarta, berdasarkan temuan dalam penelitian ini yang menjelaskan tentang determinan word of mouth pada rumah makan di Yogyakarta yang dipengaruhi oleh kepuasan, trust, commitment menberikan implikasi kepada pelaku usaha untuk mendengarkan kemauan maupun tuntuan konsumen melalui kritik dan saran yang diberikan. Selain itu dengan meningkatkan kualitas makanan dan kualitas lingkungan fisik yang sesuai dengan keinginan maupun harapan konsumen pada rumah makan tersebut juga akan memberikan efek pada kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Dimana ketika kepuasan konsumen tercipta maka mereka akan cenderung membagikan cerita kepada orang lain melalui word of mouth yang mana komunikasi tersebut dapat meningkatkan pembelian.

Di akhir pemaparannya pada acara sharing session Himpasay, putri kelahiran Aceh Barat ini merecomendasikan bahwa sebaiknya penelitian kedepan lebih membahas masalah-masalah yg up to date sekarang contohnya seperti e-commerce (shopee, lazada, zalora). Selain itu juga bisa membahas tentang e-wom( berupa review yang diberikan konsumen ketika membeli barang baik di e-commerce maupun di medsos lainnya) maupun fintech ( OVO, Uangku, Dana, dan lain sebagainya). Tutupnya.

Penelitian ini sangat penting dijadikan pijakan penting dalam dunia pemasaran, apalagi akhir-akhir ini di Aceh sedang tranding kuliner khas Aceh yang sudah mewabahi di pasar tradisional, ini bukan semata-mata kerja pemerintah tapi itu tugas kita bersama dalam memperkenalkan makanan khas Aceh keluar daerah melalui update baik di e-comerce maupun via medsos.

Acara sharing session  Himpasay ini akan terus berlanjut dan menjadi agenda wajib dalam kepengurusan Himpasay Periode 2018-2019. Dimana hasil-hasil penelitian teman-teman Himpsay yang telah menamatkan kuliahnya akan menjadi recomendasi untuk kemajuan Aceh kedepan. Besar harapan kami dari Keluarga Himpunan Mahasiwa pascasarjana Aceh-Yogyakarta untuk ikut andil dalam pengembangan ilmu-ilmu pengetahun berbasis akademik maupun menjadi mitra pemerintah membawa Aceh yang lebi baik.

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here