52 ASN UIN Ar-Raniry Ikut Asesmen Kompetensi Jabatan

168

Kasadar.com, Ar-Raniry| Sebanyak 52 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengikuti Asesmen Kompetensi Jabatan Struktural, Senin (9/4/2018) di Gedung ICT Center UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Drs. Junaidi Rasda, disela-sela memantau proses ujian mengatakan, asesmen ini dilakukan mengingat ada beberapa jabatan struktural yang kosong, namun sebenarnya juga beberapa tahun lalu juga telah dilaksanakan, namun hanya berlaku dua tahun.

“Asesmen tersebut dilakukan dalam rangka untuk mempersiapkan dalam mengisi kekosongan jabatan yang ada di Lingkungan UIN Ar-Raniry, baik eselon III dan IV. Kekosongan tersebut diakibatkan oleh beberapa ASN yang akan pensiun,”ujarnya.

Junaidi menyebutkan, ada dua hal pokok yang diuji pada asesmen tersebut, pertama tentang materi dan kemampuan dari segi akademik dan kemampuan komputer, selain itu juga mereka akan dites psikologi untuk melihat kemampuan kepemimpinannya, cara melakukan kerja sama serta manajemen antara atasan dan bawahan.

Hasil dari beberapa hal yang dinilai tersebut, kata Junaidi yang nantinya akan menjadi pertimbangan pimpinan dalam menetapkan pada jabatan yang tersedia di UIN Ar-Raniry.

Sementara itu, Widodo Helwis Perdana, ST, pranata komputer pada sub Asesmen Kemeterian Agama RI Jakarta, mengatakan bahwa materi tes yang diberikan kepada peserta antara lain, pertama tes kompetensi teknis tertulis, terdiri dari 25 soal dikerjakan selama 30 menit.

Sesi kedua dilakukan uji teknis komputer, uji ini untuk menilai peserta tentang aplikasi dasar seperti word, excel atau power poin, juga dengan waktu yang diberikan selama 30 menit. Soal dibuat oleh tim dari Kemenag RI di Jakarta.

Pada sesi selanjutnya akan dilakukan tes wawancara individu, ini untuk mengetahui subtansi jabatan, apakah mereka mengetahui jabatan itu sendiri atau kepegawaian dan lain-lain.

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here