5,5 Ha Hutan Trumon Terbakar

220

Kasadar.com, Tapak Tuan – Kebakaran lahan hutan kembali terjadi di wilayah Trumon, Aceh Selatan. Kebakaran ini disebabkan oleh aksi warga yang membersihkan lahan perkebunan mereka dengan cara membakar.

Kebakarn kali ini terjadi di kawasan Gampong Kapa Sesak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (21/10/2017).

Danramil 09/Trumon, Kapten Inf Muhammad Nasir, mengatakan, luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 5,5 hektare milik sejumlah warga. “Lahan kebakaran itu berjarak 3,11 kilometer dari jalan raya, masih jalan kebun juga,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa membuka lahan dengan membakar sangat berbahaya karena akan merambah ke hutan luas. Apalagi ini musim kering dan suhu sangat panas.

“Ini sangat berbahaya, dampaknya akan sangat merugikan jika sempat meluas, api sangat cepat membakar pohon dan ranting karena semuanya kering,” ungkap Kapten Nasir.

Para Babinsa bersama anggota Polsek dan masyarakat berusaha mengambil langkah cepat turun ke lokasi memadamkan api dengan cara tradisional seperti memukul api dengan ranting dan daun daun yang ada di sekitar lahan.

Hingga saat ini api telah dapat dipadamkan dan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran.

SUMBERGoaceh
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here