Kasadar.com | Olahraga yang tepat merupakan cara yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Olahraga juga mampu mencegah datangnya sejumlah penyakit tertentu pada tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan orang dewasa untuk melakukan olahraga aerobik ringan selama 150 menit, olahraga aerobik berat selama 75 menit atau keduanya setiap pekan agar tetap sehat. Dilansir dari Medical Daily, peneliti mengungkap bahwa anjuran olahraga ini mampu mencegah munculnya tujuh jenis kanker.

Hasil penelitian terbaru ini telah dipublikasikan pada Journal of Clinical Oncology. Diketahui bahwa olahraga ringan secara rutin bisa menurunkan risiko myeloma, non-Hodgkin limfoma, serta kanker usus, payudara, ginjal, hati, dan janin.

Peniliti menyebut bahwa berjalan setidaknya 20 menit setiap hari bisa membuat mereka lebih aman dari sejumlah penyakit ini. Hasil temuan didapat dari 750.000 orang dewasa di Australia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampak dari aktivitas fisik ringan seperti berjalan dan bersepeda santai. Hal ini kemudian dibandingkan dengan aktivitas fisik ringan seperti tennis dan jogging.

Penelitian menyebut bahwa seseorang yang melakukan olahraga sesuai yang dianjurkan selama dua setengah jam memiliki risiko 18 persen lebih rendah terkait kanker hati. Risiko ini menurun hingga 27 persen ketika aktivitas fisik menjadi lima jam setiap pekan.

Wanita mengalami penurunan risiko kanker payudara hingga 6 persen setelah berolahraga ringan selama 150 menit. Jumlan ini menjadi 10 persen ketika olahraga dilakukan selama 5 jam. Partisipan juga mengalami penurunan risiko hingga 18 persen mengalami kanker janin serta limfoma non-Hodgkin’s.

Baik pria maupun wanita yang melakukan tingkat olahraga sama menunjukkan menurunnya risiko kanker ginjal 11 hingga 17 persen. Selain itu keduanya juga menunjukkan menurunnya risiko kanker darah myeloma hingga 19 persen.

Pria mengalami penurunan risiko kanker usus hingga 14 persen setelah melakukan aktivitas fisik seperti yang direkomendasikan. Peneliti menyebut bahwa meningkatnya aktivitas fisik seseorang tiap pekan bisa menurukan risiko kanker.

“Hal menarik dari temuan ini adalah menerak menunjukkan bahwa keterlibatan aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan bisa memiliki manfaat luar biasa dari risiko sejumlah jenis kanker,” terang Alpa Patel dari American Cancer Society.

“Hal ini merupakan kabar baik bagi banyak orang orang segera berpikir untuk melakukan olahraga berat seperti marathon ketika mendengar bahwa olahraga lebih bisa berdampak pada kesehatan atau pencegahan kanker mereka,” sambungnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here