Kasadar.com, | Pandemi Covid 19 yang mengantam seluruh dunia sejak sembilan bulan lalu telah memporak porandakan seluruh sektor kehidupan umat manusia.

Untuk mencegah penularannya, masyarakat harus tinggal dirumah, bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Selain mentaati protocol kesehatan seperti; menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan. Pandemi kesehatan ini telah memberikan dampak ekonomi , psikologi dan social. Berhentinya kegiatan masyarakat telah menyebabkan kelesuan atau bahkan resesi ekonomi. Kegiatan pasar, ekspor impor melambat atau bahkan pernah berhenti Berbagai sector industri gulung tikar yang menyebabkan terjadinya pemutusan hubungan kerja atau pengaguran.

Berhentinya kegiatan masyarakat juga menghentikan sector sector informal dan menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan. Berlarut-larutnya orang tinggal di rumah telah mengakibatkan munculnya stress depresi dan berbagai penyakit kejiwaan seperti cabin fever dan psikosomania. Meningkatnya pengangguran,kemiskinan telah menyebabkan meningkatnya berbagai jenis kriminalitas seperti pencurian, perampokan dan bahkan penyalahgunaan Narkoba. Jika tidak ditangani dengan baik, meningkatnya pengangguran dan kemiskinan juga dikhawtirkan akan memunculkan ketegangan atau konflik social.

Dalam situasi seperti ini tokoh agama seperti ulama dai, muballigh yang mempunyai otoritas dan charisma di depan umatnya dapat menyampaikan pesan suci agama yang sejuk damai, memberikan ketenangan sehingga menjadi Canopy bagi umat yang berjuang mengatasi dampak Pandami 19. Para pemimpin agama bisa menyampaikan misi-misi spiritual agama seperti ibadah, doa dan amalan –amalan lain untu memberikan kedamain dan ketenangan .

Nilai –niali seperti ketabahan, kesabaran, persaudaran/ gotong royong seiman , persaudaraan antar iman danpersaudaranan kebangsaan dan keamnusiaan (ukhuwah Islamiyan, Ukhuwah, wathaniah dan ukhuwah basyariah) perlu terus didengungkan . Ajaran-ajaran kedermawanan (charity) agama seperti Zakat Infak Shodaqo (ZIS) dalam ajaran Islam ajaran kedermawan agama yang lain bisa diarahkan untuk mengatasi persoalan ekonomi seperti meningkatnya angka kemiskinan, pengangguran dan juga bantuan-bantuan kesehatan untuk melengkapi program dan upaya pemerintah.

Dalam wajahnya yang damai, sejuk, tenteram nilai nilai suci agama sebagaimana yang disampaika oleh, seseorang sosiolog terkemuka Max Weber bisa menjadi tempat berteduh (sacred canopy) . Dalam peran ini agama menjadi solusi seorang dalam mengatasi persoalan-persoalan social, spiritual dan psikologi, Canopy adalah tempat seseorang untuk mencari perlindungan berteduh dari hujan atau panas Pesan-pesan suci agama (sacred) layaknya menjadi obat orang-orang yang sedang dalam wajahnya yang damai, sejuk, tenteram nilai nilai suci agama sebagaimana yang disampaika oleh, seseorang sosiolog terkemuka Max Weber bisa menjadi tempat berteduh (sacred canopy) . Dalam peran ini agama menjadi solusi seorang dalam mengatasi persoalan-persoalan social, spiritual dan psikologi, Canopy adalah tempat seseorang untuk mencari perlindungan berteduh dari hujan atau panas Pesan-pesan suci agama (sacred) layaknya menjadi obat orang-orang yang sedang menderita kepanasan atau kehujanan spiritual atau psikologis.

Didalam penanganan covid-19 ini kekompakan pemuda dan orang tua di suatu Gampoeng sangat di perlukan untuk bisa membuat pendemi ini cepat berakhir, selain melaksanakan prtokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. Masyarakat juga di ajak untuk selalu beribadah mendekatkan diri kepada tuhan kerena itu sudadah menjadi kewajiban kita sebagai umat islam. Peran yang bisa dilakukan oleh suatu masyarakat di suatu gampong adalah dengan membentuk suatu kegiatan agama untuk membuat kalngan masyarakat untuk selalu berdoa agar sumua wabah penyakit covid 19 ini cepat berlalu. 

Seperti kegiatan keagamaan yang di lakukan oleh Desa Kampung Teungoh, Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Pada umumnya masyarakat Kampung tengoh ini beragama islam, mata pencaharian sehari hari masyarakatnya adalah sebagai petani, masyarakat desa Kampung tengah sangat kental dengan dengan nilai keagamaan. Sosial,dan budaya. Agama adalah sistem yang mengatur hubungan manusia dengan masyarakat. Hubungan manusia dengan manusia lainya dan juga hubungan dengan lingkungannya.

Masyarakatdesa Kampung Teungoh banyak melakukan kegiatan kegiatan keagamaan salah satunya adalah dengan membentuk sebuah Grup Dalail Khairat. Yang diberi nama grup dalail khairat Rauzatul Pata, desa Kampung Teungoh Dalail Khairat Rauzatul Patan ini didirian pada tahun 2005 samapai tahun 2020 ini kurang lebih selama 15 tahun ini grup dalail ini juga pernah terhentinya dan di tahun 2019 samapai saat ini mulai di aktifkan kembali.

Grup dalail Rauzatul Pata saat ini mempunyai anggota tetap kurang lebih ada sekitar 20 orang dan mempunyai ketua. Dan juga tgk khakifah dalail. Walaupun di tengah pendemi yang saat ini seadang melanda kegiatan dalaail lahirat ini tetap dilakukan agar masyarakat tidak lupa dengan Allah swt yang maha kuasa atas segalanya. Kegiatan dalil khairat ini juga mengikuti protocol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun memeriksa suhu tubuh setiap angota dalil.

Dalail khiarat adalah suatu membaca al maul husna dan shalawat kepada nabi Muhammad saw, Wirid ini berisi kumpulan shalawat yang ditujukan kepada Rasulullah shallallahu wa sallam. Cara membacanya bervariasi. Namun umumnya orang-orang membaca sesuai dengan pembagian harian yang disebut hizb.

Dimulai dari bacaan hari Senin hingga Senin kedua dan diakhiri doa saat khatam. Namun, ada pula yang langsung mengkhatamkan keseluruhan Dalailul Khairat setiap harinya, bahkan sebagian ulama ada yang mengkhatamkan setiap selesai shalat fardhu, sehingga setiap hari dikhatamkan sebanyak lima kali.

Kegiatan dalail khairat Rauzatul Pata di laksanakan pada setiap malam jumat, dilaksanakan pada setiap rumah desa Kampung Teungoh secara begiliran  setiap malam jumat.

Kegaiatan dalail khairat biasanya dimulai pada jam 20.00/ 23.00 wib. Pihak rumah yang mendapatkan giliran dalail ini menyediakan tempat dan menyediakan makanan se iklhas mungkin untuk para anggota yang mengaji dalail.  Dan jika ada masyarakat dalam kampong tersebut biasanya anggota dalail akan pergi ngaji dalail sekaligus samadiah kepada almarhum yang sudah tiada.  Kegiatan dalail ini tidak hanya dilakukan di desa Kampung teungoh saja biasanya jika ada orang luar kampong yang mengundang mereka untuk ngaji dalail maka meraka akan ikut untuk mengaji dalail khairat, seperti di rumah orang meninggal dan orang berhajad. 

Pada saat menjelang bulan puasa ramadhan biasanya anggota dalail khairat Rauzatul Pata akan mengkhatam atau tamatan dalail dengan megunjuni dan berziara ke tempat tempat ke para makam ulama ulama dan ajuga memngunjungi pasantren untuk bedoa, samadiah kepada para ulama yang sudah tiada.

Menurut Ketua dalail Khairat Rauzatul Pata ia mengatakan kegiatan dalail khairat ini di bentuk atau di lakukan sebagai bentuk menghargai perjuangan nabi Muhammad SAW yang telah meperjuangkan agama islam dimuka bumi ini dan juga untuk mendekatkan diri kita kepada Allah swt dengan menyebut namanya di setiap dalail.

Selaih itu kegiatan dalail khia khairat ini dilakukan untuk membuat ke kompakan dikalangan masyarakatk desa Kampung Teungoh. Khsusnya bagi pemuda karena dari semua anggota dalail yang banyak adalah pemuda, jadi disini peran pemuda sangat selah penting dalam memajukan segala bentuk kegiatan apapun. Seperti yang kita ketahui di era global ini banyak dikalangan anak-anak muda sudah kurang minat di bidang agama anak mudah sekarang lebih suka kepada game online yang saat ini sedang meracuni pikiran para anak muda.

Apa lagi di saat ini dunia sedang di landa wbah penyakit Covid 19 yang sudah sangat merajalela. Selain menjalankan protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemrintah  peran agama juga sangat penting dalam memelihara sikap akhlak setiap masyarakt apa lagi saat ini ekonomi masyarakat sangatlah memperhatinkan jadi salah satunya dengan adanya bentuk kegiatan keaga,aan dalail khairat ini kita sebagai umat muslaim  agar selalu beribadah dan medekatkan diri kepada Allah swt.

Keutamaan mengamalkan Dalailul Khairat yang sangat masyhur di kalangan para pengamal wirid ini adalah cepatnya terkabul hajat yang diinginkan oleh para pembacanya. Sewaktu-waktu menginginkan suatu hal, mudah sekali keinginan tersebut terkabul. Namun meski begitu, hendaknya para pengamal Dalailul Khairat dalam membaca wirid ini bertujuan murni mendekatkan diri kepada Allah swt tanpa mengharap pamrih apa pun yang bersifat duniawi. Dengan demikian, wujud rasa keikhlasan dalam mengamalkannya. Sektor kehidupan umat manusia.

Untuk mencegah penularannya, masyarakat harus tinggal dirumah, bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Selain mentaati protocol kesehatan seperti; menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan. Pandemi kesehatan ini telah memberikan dampak ekonomi , psikologi dan social. Berhentinya kegiatan masyarakat telah menyebabkan kelesuan atau bahkan resesi ekonomi. Kegiatan pasar, ekspor impor melambat atau bahkan pernah berhenti Berbagai sector industri gulung tikar yang menyebabkan terjadinya pemutusan hubungan kerja atau pengaguran.

Berhentinya kegiatan masyarakat juga menghentikan sektor sector informal dan menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan.. Berlarut-larutnya orang tinggal di rumah telahmengakibatkan muculnya stress depresi dan berbagai penyakit kejiwaan seperti cabin fever dan psikosomania. Meningkatnya pengangguran, kemiskinan telah menyebabkan meningkatnya berbagai jenis kriminalitas seperti pencurian, perampokan dan bahkan penyalahgunaan Narkoba. Jika tidak ditangani dengan baik, meningkatnya pengangguran dan kemiskinan juga dikhawtirkan akan memunculkan ketegangan atau konflik social.

Dalam situasi seperti ini tokoh agama seperti ulama dai, muballigh yang mempunyai otoritas dan charisma di depan umatnya dapat menyampaikan pesan suci agama yang sejuk damai, memberikan ketenangan sehingga menjadi Canopy bagi umat yang berjuang mengatasi dampak Pandami.

Para pemimpin agama bisa menyampaikan misi-misi spiritual agama seperti ibadah, doa dan amalan –amalan lain untu memberikan kedamain dan ketenangan. Nilai –nilai seperti ketabahan, kesabaran, persaudaran/ gotong royong seiman , persaudaraan antar iman danpersaudaranan kebangsaan dan keamnusiaan (ukhuwah Islamiyan, Ukhuwah, wathaniah dan ukhuwah basyariah) perlu terus didengungkan . Ajaran-ajaran kedermawanan (charity) agama seperti Zakat Infak Shodaqo (ZIS) dalam ajaran Islam ajaran kedermawan agama yang lain bisa diarahkan untuk mengatasi persoalan ekonomi seperti meningkatnya angka kemiskinan, pengangguran dan juga bantuan-bantuan kesehatan untuk melengkapi program dan upaya pemerintah.

Dalam wajahnya yang damai, sejuk, tenteram nilai nilai suci agama sebagaimana yang disampaika oleh, seseorang sosiolog terkemuka Max Weber bisa menjadi tempat berteduh (sacred canopy) . Dalam peran ini agama menjadi solusi seorang dalam mengatasi persoalan-persoalan social, spiritual dan psikologi, Canopy adalah tempat seseorang untuk mencari perlindungan berteduh dari hujan atau panas Pesan-pesan suci agama (sacred) layaknya menjadi obat orang-orang yang sedaDalam wajahnya yang damai, sejuk, tenteram nilai nilai suci agama sebagaimana yang disampaika oleh, seseorang sosiolog terkemuka Max Weber bisa menjadi tempat berteduh (sacred canopy).

Dalam peran ini agama menjadi solusi seorang dalam mengatasi persoalan-persoalan social, spiritual dan psikologi, Canopy adalah tempat seseorang untuk mencari perlindungan berteduh dari hujan atau panas Pesan-pesan suci agama (sacred) layaknya menjadi obat orang-orang yang sedang menderita kepanasan atau kehujanan spiritual atau psikologis.

Didalam penanganan covid 19 ini kekompakan  pemuda dan orang tua di suatu Gampoeng sangat di perlukan untuk bisa membuat pendemi ini cepat berakhir, selain melaksanakan prtokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. Masyarakat juga di ajak untuk selalu beribadah mendekatkan diri kepada tuhan kerena itu sudadah menjadi kewajiban kita sebagai umat islam. Peran yang bisa dilakukan oleh suatu masyarakat di suatu gampong adalah dengan membentuk suatu kegiatan agama untuk membuat kalngan masyarakat untuk selalu berdoa agar sumua wabah penyakit covid 19 ini cepat berlalu. 

Seperti kegiatan keagamaan yang di lakukan oleh desa Kampong Teungoh, Kecamatan Trumon Tengah  Kabupaten Aceh Selatan.  Pada umumnya masyarakat Gampong Kampung tengoh ini beragama islam, mata pencaharian sehari hari masyarakatnya adalah sebagai petani, masyarakat desa Kampung tengah sangat kental dengan dengan nilai keagamaan. Social,dan budaya.

Agama adalah system yang mengatur hubungan manusia dengan masyarakat. Hubungan manusia dengan manusia lainya dan juga hubumgan dengan lingkungannya. Masyarakat desa Kampung Teungoh banyak melakukan kegiatan kegiatan keagamaan salah satunya adalah dengan membentuk sebuah Grup Dalail Khairat. Yang diberi nama grup dalail khairat Rauzatul Pata, desa Kampung Teungoh Dalail Khairat Rauzatul Patan ini didirian pada tahun 2005 samapai tahun 2020 ini kurang lebih selama 15 tahun ini grup dalail ini juga pernah terhentinya dan di tahun 2019 samapai saat ini mulai di aktifkan kembali. Grup dalail Rauzatul Pata saat ini mempunyai anggota tetap kurang lebih ada sekitar 20 orang dan mempunyai ketua. Dan juga tgk khakifah dalail. Walaupun di tengah pendemi yang saat ini seadang melanda kegiatan dalaail lahirat ini tetap dilakukan agar masyarakat tidak lupa dengan Allah swt yang maha kuasa atas segalanya. Kegiatan dalil khairat ini juga mengikuti protocol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun memeriksa suhu tubuh setiap angota dalil. 

Dalail khiarat adalah suatu membaca al maul husna dan shalawat kepada nabi Muhammad saw, Wirid ini berisi kumpulan shalawat yang ditujukan kepada Rasulullah shallallahu wa sallam. Cara membacanya bervariasi. Namun umumnya orang-orang membaca sesuai dengan pembagian harian yang disebut hizb. Dimulai dari bacaan hari Senin hingga Senin kedua dan diakhiri doa saat khatam. Namun, ada pula yang langsung mengkhatamkan keseluruhan Dalailul Khairat setiap harinya, bahkan sebagian ulama ada yang mengkhatamkan setiap selesai shalat fardhu, sehingga setiap hari dikhatamkan sebanyak lima kali.

Kegiatan dalail khairat Rauzatul Pata di laksanakan pada setiap malam jumat, dilaksanakan pada setiap rumah desa Kampung Teungoh secara begiliran  setiap malam jumat. Kegaiatan dalail khairat biasanya dimulai pada jam 20.00/ 23.00 wib.

Pihak rumah yang mendapatkan giliran dalail ini menyediakan tempat dan menyediakan makanan se iklhas mungkin untuk para anggota yang mengaji dalail.  Dan jika ada masyarakat dalam kampong tersebut biasanya anggota dalail akan pergi ngaji dalail sekaligus samadiah kepada almarhum yang sudah tiada.  Kegiatan dalail ini tidak hanya dilakukan di desa Kampung teungoh saja biasanya jika ada orang luar kampong yang mengundang mereka untuk ngaji dalail maka meraka akan ikut untuk mengaji dalail khairat, seperti di rumah orang meninggal dan orang berhajad. 

Padasaat meu menjelang bulan puasa ramadhan biasanya anggota dalail khairat Rauzatul Pata akan mengkhatam atau tamatan dalail dengan megunjuni dan berziara ke tempat tempat ke para makam ulama ulama dan ajuga memngunjungi pasantren untuk bedoa, samadiah kepada para ulama yang sudah tiada. menurut Ketua dalail Khairat Rauzatul Pata ia mengatakan kegiatan dalail khairat ini di bentuk atau di lakukan sebagai bentuk menghargai perjuangan nabi Muhammad saw yang telah meperjuangkan agama islam dimuka bumi ini dan juga untuk mendekatkan diri kita kepada Allah swt dengan menyebut namanya di setiap dalail.

Selain itu kegiatan dalail khia khairat ini dilakukan untuk membuat ke kompakan dikalangan masyarakatk desa Kampung Teungoh. Khsusnya bagi pemuda karena dari semua anggota dalail yang banyak adalah pemuda, jadi disini peran pemuda sangat selah penting dalam memajukan segala bentuk kegiatan apapun. Seperti yang kita ketahui di era global ini banyak dikalangan anak-anak muda sudah kurang minat di bidang agama anak mudah sekarang lebih suka kepada game online yang saat ini sedang meracuni pikiran para anak muda. Apa lagi di saat ini dunia sedang di landa wbah penyakit Covid 19 yang sudah sangat merajalela.

Selain menjalankan protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemrintah  peran agama juga sangat penting dalam memelihara sikap akhlak setiap masyarakt apa lagi saat ini ekonomi masyarakat sangatlah memperhatinkan jadi salah satunya dengan adanya bentuk kegiatan keaga,aan dalail khairat ini kita sebagai umat muslaim  agar selalu beribadah dan medekatkan diri kepada Allah swt.

Keutamaan mengamalkan Dalailul Khairat yang sangat masyhur di kalangan para pengamal wirid ini adalah cepatnya terkabul hajat yang diinginkan oleh para pembacanya. Sewaktu-waktu menginginkan suatu hal, mudah sekali keinginan tersebut terkabul.

Namun meski begitu, hendaknya para pengamal Dalailul Khairat dalam membaca wirid ini bertujuan murni mendekatkan diri kepada Allah swt tanpa mengharap pamrih apa pun yang bersifat duniawi. Dengan demikian, wujud rasa keikhlasan dalam mengamalkannya. 

Penulis. Zunarlis

Mahasiswa Prodi Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here