AHY Lepas Lulusan Akademi Demokrat Angkatan Pertama

154

Kasadar.com, Jakarta.| Setelah menjalani pendidikan Tahap Utama selama seminggu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai penanggungjawab Akademi Demokrat, Rabu (11/12) pagi menutup rangkaian pendidikan di Hotel Century Atlet. Setelah melalui sidang akademik, 45 Taruna Akademi Demokrat dinyatakan lulus. Lalu siang harinya, Ketua Umum Partai Demokat, Susilo Bambang Yudhoyono mewisuda para Taruna dihadapan para pimpinan Partai Demokrat yang datang dari seluruh pelosok daerah, di Jakarta Convention Centre.

Saat acara wisuda tersebut, AHY menjelaskan tentang Akademi Demokrat Angkatan Pertama ini. “Akademi Demokrat merupakan sebuah ide, sebuah gagasan untuk melanjutkan pengabdian Partai Demokrat di negeri ini. Pak SBY, Ketua Umum kita, menekankan pentingnya regenerasi dan kaderisasi,” tutur AHY.

“Kita tentunya ingin mereka tidak hanya memiliki militansi, kesetiaan, dan loyalitas seperti yang sering mereka teriakan, Satya, Dharma, Nagara. Tetapi mereka juga dibekali dengan berbagai wawasan, karena kita ingin Partai Demokrat kembali bangkit dan berjaya di masa depan karena didukung penuh oleh kader-kader yang militan, yang memiliki kapasitas dan juga integritas,” AHY menjelaskan. “Kita berharap bahwa mereka kelak bisa menjadi _role model_ bagi kader-kader lainnya,” harapnya.

“Tunjukkan semangat kalian,” seru AHY mengundang para Taruna maju ke depan dan memperkenalkan mereka. Dengan penuh semangat, para Taruna menunjukkan yel-yel Akademi Demokrat. Suara lantang dan hentakan kaki mereka menggetarkan ruangan. Kembali tepuk tangan meriah dilayangkan para kader yang berdecak kagum.

Pada kesempatan itu, AHY juga mengumumkan peraih predikat Taruna terbaik Akademi Demokrat Angkatan Pertama ini. “Atas dasar gabungan tri pola dasar, penilaian akademik, mental kepribadian, dan jasmani, maka dapat saya sampaikan pada kesempatan yang terhormat ini, bahwa peraih Bintang Kesatria Cendekia Utama adalah Saudari Fitry Rochmatia Noer, Taruna dari anggota DPR RI Guntur Sasono, dapil Jatim VIII,” sebut AHY disambut tepuk tangan meriah para kader.

Dengan mata berkaca-kaca dan muka penuh haru, Fitry naik ke atas panggung dan disematkan medali Bintang Kesatria Cendekia Utama oleh Ketua Umum Partai Demokrat SBY.

Selain Fitry, AHY juga mengumumkan Taruna-Taruna Akademi Demokrat yang berprestasi di masing-masing bidang. Taruna terbaik di bidang akademik diraih oleh Abdullah Apa, Taruna dari anggota DPR RI Benny K Harman, dapil NTT 1. Terbaik di bidang mental dan kepribadian, diraih oleh Andi Andis, Taruna dari anggota DPR RI Irwan, dapil Kaltim. Terbaik di bidang jasmani diraih Arief Hidayatullah, taruna dari anggota DPR RI Bambang Purwanto, dapil Kalteng.

Selain dinyatakan lulus, para Taruna Akademi Demokrat juga menandatangani Surat Pernyataan Komitmen jika pindah ke partai lain akan dikenai denda sebesar satu miliar rupiah.

“Mereka semua sudah tanda tangan kontrak. Usia mereka muda-muda tapi sudah berani tanda tangan kontrak. Dalam 10 tahun ke depan, mereka bersedia tidak akan pindah kemana-mana. Dan kalau itu terjadi, 1 miliar rupiah akan mereka tanggung. Betul tidak Taruna?” tanya AHY. “Betul …” jawab Taruna tegas. “Ada yang dipaksa?” tanya AHY lagi dan dijawab tegas tidak oleh para Taruna.

“Nah mereka saja tidak merasa dipaksa, apalagi yang para senior-senior kita ini semuanya. Supaya tidak mudah masuk dan keluar Partai Demokrat,” kata AHY disambut tepuk tangan para kader.

Selama seminggu, para Taruna yang lolos ke pendidikan Tahap Utama menerima berbagai materi selain pendidikan jasmani dan mental kepribadian. Mulai dari topik tentang Sistem Politik dan Demokrasi, Sistem Hukum dan Legislasi, Pertahanan dan Keamanan Negara, Komunikasi Politik, Media dan Komunikasi, hingga Diplomasi dan Hubungan Internasional. Para pengajar yang dihadirkan juga ahli di bidangnya, dari Andi Mallaranggeng, Syarief Hasan, hingga Dino Patti Djalal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here