Kasadar.com | Tidak terasa telah seminggu kita menjalani puasa di bulan Ramadhan ini, Bulan Suci Ramadan merupakan bulan dimana umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala, ridha, kasih sayang, serta ampunan dari Allah SWT. Selain menahan lapar dan haus, puasa juga menahan diri dari segala hal lain yang membatalkannya mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Saat berbuka puasa merupakan saat yang menggembirakan, segala hidangan terlihat menggugah selera, mulai dari kolak, es sirup cincau, es teh manis, gorengan dan makanan lainnya yang tersaji didepan mata membuat kita ingin menyantapnya segera setelah menjalankan ibadah puasa seharian penuh menahan lapar dan dahaga.

Namun alangkah baiknya jika kita mengikuti salah satu ajaran Rasulullah SAW saat berbuka puasa. Berikut Kasadar.com telah merangkum tata cara berbuka puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dari berbagai sumber:

Menyegarakan Berbuka Puasa 

Orang yang berpuasa dianjurkan untuk segera berbuka setelah azan magrib berkumandang, sesuai dengan sabda Rasulullah Saw :

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ”

Dari Sahl bin Sa’ad ra yang berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Kaum muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.” (HR. Mutafaqun ‘alaih)

Berdoa Sebelum Berbuka puasa 

Sebelum berbuka puasa Rasulullah terbiasa berdoa sambil mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan, berikut adalah doa saat berbuka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Artinya:

“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

 Mengkonsumsi Kurma dan Air Putih Saat Berbuka 

Berdasarkan hadis Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Beliau berkata:

ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮ ﻝُ ﺍﻟﻠِّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪً ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻔْﻄِﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٍ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺭُﻃَﺒَﺎ ﺕٌ ﻓَﻌَﻠَﻰ ﺗَﻤَﺮَﺍﺕٍ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢ ﺗَﻜُﻦْ ﺣَﺴَﺎ ﺣَﺴَﻮﺍﺕٍ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﺀٍ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.”

Dalam hadis tersebut diketahui bahwa Rasulullah berbuka puasa menggunakan kurma basah (ruthab), apabila tidak ada ruthab maka beliau menyantap kurma kering (tamr), apabila tidak ada tamr maka Rasulullah berbuka dengan seteguk air. Beberapa riwayat lain juga menyatakan bahwa Rasulullah menkonsumsi kurma dalam jumlah ganjil, yakni 3, 5, dan 7. Kurma juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti meningkatkan stamina dan energi, serta menyehatkan sistem pencernaan, Sedangkan air putih juga berguna untuk menangkal racun dari dalam tubuh.

Hendaknya kita segera menunaikan shalat maghrib setelah menyantap hidangan berbuka dan meneguk minuman secukupnya. Ketika berbuka puasa, banyak dari kita yang kalap sampai berlebihan menyantap beberapa jenis makanan dan minuman. Padahal, berlebih-lebihan itu tidak baik dan hal tersebut bukanlah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Marhaban ya Ramadhan. Saat tepat menyucikan diri dari segala dosa. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Puasa Ramadhan.

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here