Kasadar.com, Jakarta | Selalu ada yang baru jika bicara soal ‘obat’ untuk mengatasi jerawat. Teh hijau bisa jadi salah satu pilihan obat alami untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Melansir Healthline, penelitian menemukan, konsumsi atau aplikasi topikal teh hijau dapat membantu memperbaiki lesi, kemerahan, dan iritasi pada kulit yang disebabkan jerawat.

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin. Senyawa polifenol ini bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibiotik. Senyawa ini juga bisa melawan paparan radikal bebas pada tubuh.

Teh hijau juga diketahui sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), jenis polifenol yang terbukti dapat mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Selain itu, kandungan ini juga dapat menurunkan kadar lipid dan bersifat anti-androgenik sehingga efektif mengurangi ekskresi sebum (minyak) di kulit.

Androgen adalah hormon yang diproduksi tubuh secara alami. Kadar androgen yang tinggi merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum dalam jumlah berlebih. Sebum berlebih dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan bakteri hingga menyebabkan jerawat hormonal. EGCG membantu memutus siklus tersebut.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Atasi Jerawat

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat dengan teh hijau. Namun, perlu diingat, tidak ada rekomendasi dosis khusus untuk penggunaan teh hijau pada kulit.

  • Masker teh hijau
    Keluarkan daun dari satu atau dua kantung teh dan basahi dengan air hangat. Campur daun dengan madu atau gel lidah buaya. Oleskan campuran tersebut di area wajah yang rawan berjerawat. Diamkan masker teh hijau selama 10-20 menit, lalu bilas. Jika Anda menginginkan masker yang lebih kental, tambahkan 1/2 sdt baking soda ke dalam campuran. Namun, perlu diingat bahwa baking soda dapat menghilangkan minyak alami dari kulit dan bisa menyebabkan iritasi. Oleskan masker teh hijau dua kali dalam sepekan untuk hasil terbaik.
  • Face mist teh hijau
    Seduh teh hijau dan dinginkan. Isi botol spray dengan teh hijau yang telah didinginkan. Semprotkan secara lembut pada kulit dalam kondisi bersih. Biarkan wajah mengering selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Cara lain, Anda bisa juga menggunakan kapas untuk mengoleskan teh hijau dingin ke area wajah. Gunakan face mist teh hijau ini dua kali dalam sepekan. Selain cara alami di atas, beberapa produk juga telah hadir dengan kandungan teh hijau di dalamnya. Cari produk dengan persentase EGCG yang signifikan.

Selain itu, Anda juga bisa rutin meminum tiga gelas teh hijau dalam sehari, baik dalam kondisi panas atau dingin. Racik teh hijau sendiri di rumah dan hindari minuman teh hijau kemasan yang telah melalui proses pengolahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here