Bursa Inovasi Desa Tahun 2018, di Buka Bupati Aceh Besar

175

Kasadar.com, Aceh Besar | Rabu (28/11/2018)  Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong menyelenggarakan kegiatan Bursa Inovasi Desa, di gedung aula Universitas Abulyatama Aceh Besar.

Kegiatan ini dihadiri Oleh unsur Muspida Aceh Besar, para Camat, Keuchik, Ketua Tuha Peut, Unsur terkait dan perwakilan tokoh masyarakat Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Bupati Mawardi Ali mengatakan bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, telah memberikan kewenangan yang lebih luas kepada desa dalam mengelola potensi dan sumber daya desa. Termasuk kewenangan pengelolaan keuangan desa, untuk mewujudkan desa yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera.

Besarnya kewenangan tersebut, harus diimbangi dengan penguatan kapasitas desa, serta memanfaatkan sumber daya sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

“Dengan menguatnya kapasitas, diharapkan desa mampu mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa,” terangnya.

Kepala DPMG Aceh Besar, Bahrul Jamil,M.Si mengatakan, tujuan Program Inovasi Desa tak lain untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif, serta peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

“Melalui Program Inovasi Desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Acara ini dikemas dengan Pameran Inovasi Desa dalam bentuk video, brosur dan banner ini menampilkan cara memaksimalkan potensi daerah melalui inovasi oleh masyarakat.

Selain itu dilakukan pula penandatanganan komitmen dari para Keuchik untuk mendukung dan menginventarisasi inovasi desa yang dilakukan oleh seluruh keuchik di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Secara Administratif, Bursa Inovasi Desa ini diikuti oleh 604 desa dan 23 Kecamatan yang ada dalam wilayah Aceh Besar serta diakomodir oleh seluruh Tim Pendamping Inovasi Desa se Kabupaten Aceh Besar sebagai panitia. Alhamdulillah acara hari ini sukses dan para keuchik sangat antusias ungkap salah seorang panitia.

SUMBERreuhattuha
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here