Kasadar.com, Jakarta | Janda bolong atau keluarga Monstera lainnya kini tengah populer menemani hobi sebagian orang merawat tanaman hias di rumah. Tanaman hias ini mesti ditata dengan tepat agar keindahannya terpancar dan kian memperelok rumah.
Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan ketika memadupadankan tanaman hias, misalnya soal jenis tanaman, warna, hingga ketinggian dan ukuran tanaman hias. Berikut tips cara menata tanaman hias di rumah.

1. Tanaman besar di area terbuka
Letakkan tanaman yang berukuran besar di ruang yang besar dan terbuka, misalnya memiliki jendela yang besar. Jangan letakkan tanaman besar di ruang yang tertutup dan kecil karena akan membuat ruangan tampak semakin sempit. Sebaliknya, tanaman yang kecil cocok diletakkan di tempat yang kecil seperti di kamar tidur atau kamar mandi.

2. Atur warna
Saat menata tanaman hias atur komposisi warna dengan baik. Pilih warna daun atau bunga yang cocok dengan cat dinding atau desain interior rumah. Jangan takut menggunakan warna-warna yang kontras karena akan membuat rumah tampak cerah dan berani.

3. Kelompokan berdasarkan dedaunan
Tata pula tanaman hias berdasarkan bentuk dedaunan. Baik berdasarkan warna, ukuran, dan tekstur. Mengelompokkan dedaunan yang serupa akan memberikan efek dramatis. Jika ditempatkan pada kelompok daun yang berbeda, seringkali kehilangan keeksotisannya.

4. Atur berdasarkan ketinggian
Tanaman juga bisa diletakkan berdasarkan ketinggian pohon. Tanaman yang tinggi ditempatkan di bagian paling belakang, lalu isi bagian depan dengan tanaman yang lebih pendek. Manfaatkan meja, dudukan, kusen jendela, atau furnitur lain agar ketinggian semakin bervariasi.

5. Letakkan di sudut atau pusat ruangan
Letakkan pula tanaman di sudut ruangan agar semakin mempercantik ruangan. Anda juga bisa menempatkan satu tanaman di bagian tengah untuk menjadikannya sebagai titik fokus. Selain itu, pastikan pula tata letak tanaman tidak mengganggu aktivitas Anda di rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here