Kasadar.com | Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan tanda pengenal yang wajib dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia yang sudah memasuki usia 17 tahun.

Dalam E-KTP atau KTP Elektronik tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berfungsi sebagai alat verifikasi serta validasi data kependudukan.

Umumnya, NIK digunakan dalam berbagai keperluan administrasi, perban

kan, BPJS, pembuatan SIM, pembuatan NPWP dan berbagai keperluan dokumen-dokumen lainnya.

Namun, bagaimana jika E-KTP hilang?

Jika KTP Anda hilang atau rusak, Anda harus segera mengurusnya agar tak menjadi masalah di kemudian hari ketika Anda harus berhadapan dengan urusan kependudukan.

Tak perlu khawatir, mengurus KTP yang hilang tidaklah sulit. Anda bisa mengurusnya dengan datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Lewat video TikTok Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH, beliau merupakan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Repblik Indonesia.

Melalui video berdurasi kurang dari satu menit, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh membeberkan persayaratan yang diperlukan untuk mengurus KTP-Elektronik (KTP-el) yang hilang.

“Hallo Assalamualaikum teman-teman, semoga selalu sehat, selalu berbahagia, jangan lupa terapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19,” ujar Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh di awal videonya.

Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh merupakan sosok pejabat yang sangat aktif membuat konten TikTok tanya-jawab tentang administrasi kependudukan.

Semua videonya di TikTok @zudanariffakhrulloh, disambut hangat oleh masyarakat Indonesia.

“Teman-teman semua, hari ini saya ingin memberi informasi karena banyak yang bertanya ke saya, pertanyaannya seperti ini. Bagaimana mengurus KTP-el yang hilang? Dimana mengurus KTP-el? dan seterusnya,” ujarnya lagi.

Menurut penuturannya, KTP Elektronik yang hilang dapat dicetak kembali tanpa perlu melakukan rekaman dan foto wajah lagi.

Perlu diingat, saat mengurus KTP Elektronik yang hilang, tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Teman-teman saya beritahu ya. KTP yang hilang dapat dicetak kembali tanpa perlu rekaman dan foto wajah, Gratis tidak dipungut biaya,” imbuhnya lagi.

Persayaratan

Untuk syarat yang harus dilengkapi saat mengurus KTP-Elektronik, pertama Anda harus melengkapi dokumen utama seperti surat kehilangan E-KTP dari pihak kepolisian.

Kedua, bawa surat tersebut ke dinas Dukcapil setempat, sesuai alamat yang terdata di Kartu Keluarga (KK).

Setelah persyaratan terpenuhi, Anda bisa meminta langsung agar KTP segera dicetak.

Perlu diingat, saat mengurus E-KTP yang hilang, Anda tidak perlu lagi foto dan sidik jari.

“Caranya, pertama minta surat kehilangan dari pihak kepolisian.

Kedua, diurus di Dinas Dukcapil setempat, tempat Anda terdata di kartu keluarga, atau di dinas Dukcapil di daerah lain.

Kemudian, teman-teman minta di cetak saja, tidak perlu foto dan sidik jari lagi, gratis tidak dipungut biaya, diurus sendiri jangan lewat calo,” ungkap Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh di akhir video TikTok-nya.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here