Dinas PPPAKB Aceh Selatan Lakukan Sosialisasi Pengaruh Gadget Terhadap Terhadap Tumbuh Kembang Anak

126

Kasadar.com – Tapaktuan | Dinas Perberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPAKB) Kabupaten Aceh Selatan, melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Pengaruh Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah dan Anak Usia Sekolah,” di Kecamatan Labuhanhaji sekaligus selaku tuan rumah, Kamis (23/01/2020).

Sedangkan lokasi acara pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut tepatnya di halaman kantor Camat Labuhanhaji yang dihadiri ± 150 orang undangan. Diataranya Rombongan Dinas PPPAKB Aceh Selatan, Staf Ahli Bupati Aceh Selatan H Nurman DS, mewakili Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, membacakan pidato sekaligus mewakili Bupati melakukan pembukaan acara. Sedangkan sebagai pemateri adalah Eli Farida.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Muspika, Imeum Mukim, PLKB, Keuchik, Ketua TP-PKK Gampong, Kepala PAUD, Ibu balita dari Gampong dan unsur lintas sector lainnya dalam Kecamatan Labuhanhaji.

Kepala Dinas PPPAKB Kab Aceh Selatan, Yulmainar, sekaligus mewakili Panitia Pelaksana, dalam laporannya menyampaikan, kegitan ini dilaksanakan dilatar belakangi “nyasarnya” kemajuan digital dalam hal ini gadget, menyentuh anak-anak hingga balita.

Penggunaan gadget pada sebagian besar anak-anak, lanjut Yumainar, telah menimbulkan kecanduan. Diantara  anak-anak yang telah kecanduan tersebut yang mengalami gangguan penglihatan. Pada sebagaian anak lagi tak sedikit menimbulkan gangguan mental, seperti enggan bersosialisasi sesama teman bahkan dalam keluarga, anak cendrung menjadi penyendiri dan enggan keluar dari “zona nyamannya” saat menggunakan gadget.

“Hal itulah yang perlu diantisipasi sejak dini,” kata Yulmainar. Melalui Dinas PPPAKB  Aceh Selatan, sambung Yulmainar, kita berkomitmen melakukan sosialisasi dampak penggunaan gadget bagi anak-anak, dengan sasaran adalah para orang tua, pendidik dan masyarakat pada umumnya.

Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang bahaya pengaruh gadget terutama smart phone, android dan sejenisnya kepada orang tua. Agar orang tua senantiasa mendampingi anak-anaknya saat menggunakan gadget. “Dan yang lebih penting, orang tua berkemauan menerapkan pola asuh anak ala Rasulullah,” ujar Yulmainar.

“Karena,” Yulmainar menambahkan, “Kita tidak dapat menghambat perkembangan zaman dan kemajuan tekhnologi, namun kita biss bijak menyikapi perkembangan zaman dan menggunakan  tekhnologi,” demikian tutup Kepala Dinas PPPAKB Kab Aceh Selatan Yulmainar.

Masih dalam kegiatan yang sama, Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa, sangat mendukung dan berterimakasih karena di awal tahun 2020 ini Kecamatan Labuhanhaji diberi kepercayaan sebagai tuan rumah kegiatan Sosialisasi Pengaruh Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak di Kecamatan Labuhanhaji.

Gusmawi yang akrab disapa Ogek, sangat berharap dan meminta kegiatan sosialisasi serupa ini dapat dilaksanakan di Kecamatan Labuhanhaji oleh Dinas PPPAKB, maupun Dinas atau Intansi lainnya yang ada  Kab Aceh Selatan.

“Insya Allah, kami di Kecamatan Labuhanhaji selalu terbuka dan siap menyambut sebagai tuan rumah, untuk setiap kegiatan positif dari Pemkab Aceh Selatan dan instansi lainnya,” demikian pungkas Ogek.

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here