Dukung Kampus Merdeka, FKIP USM Gelar Pengabdian

0
103

Banda Aceh, Kasadar.com | Dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah (FKIP USM) Aceh dipelopori Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, pada salah satu lokasi yang dipilih Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Besar.

Dekan FKIP USM, Jalaluddin, S.Pd, M.Pd disela kegiatan berlangsung, Sabtu (9/10/2021), mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam upaya untuk mendukung tercapainya Pendidikan dan pembelajaran yang baik dan bermutu, sebagaimana tema kegiatan yang diusung yaitu Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, perlu adanya transfer ilmu dan berbagi pengalaman sesama tenaga pendidik, ini sebagai upaya mendukung tercapainya tujuan pendidikan,” ujarnya.

Dekan FKIP USM menambahkan, selain pengabdian dosen, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Kuliah Kerja Nyata, ditujukan kepada para mahasiswa agar berperan aktif dan empati terhadap berbagai permasalahan masyarakat dan lingkungannya.

“Pengabdian dosen dan KKN mahasiswa ini kita lakukan untuk membentuk sikap kepedulian sosial, tanggungjawab dosen dan mahasiswa terhadap masyarakat serta upaya kita membina mahasiswa untuk menjadi inovator, motivator dan problem solver,” ujar Jalaluddin.

Dalam kesempatan itu, kata Jalaluddin, juga dilakukan penandatanganan naskah kerja sama antara FKIP Universitas Serambi Mekkah dengan MAN 1 Aceh Besar, terkait kegiatan pengabdian dan penelitian yang dilaksanakan oleh kedua instansi.

Dosen Prodi Pendididan Bahasa Indonesia selaku Koordinator kegiatan, Nurul Azmi, S.Pd, M.Pd mengungkapkan, pengabdian tersebut dilaksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan, antara lain workshop penulisan ilmiah bagi guru, dan sosialisasi beasiswa, selain itu mahasiswa juga melakukan sosialisasi kepada siswa untuk masuk perguruan tinggi, bagaimana menggali potensi diri sebelum memilih program studi di perguruan tinggi, serta melakukan kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon di area pengabdian.

“Tujuan inti dari workshop pada kegiatan pengabdian masyarakat ini selain sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah menambah wawasan dan memotivasi guru untuk menulis karya ilmiah yang baik dan memublikasikannya, sebagai upaya mendukung Gerakan Literasi Sekolah, yang mengharuskan guru memberikan pemahaman dan keteladanan dalam bidang literasi kepada siswanya.” ungkap Nurul.

Untuk memberikan pemahaman tersebut lanjut koordinator, panitia menghadirkan dua narasumber utama, yakni Dr. Dian Aswita, S.Pd, M.Pd dan Drs. Ridwan, M.Pd. Para narasumber tersebut dianggap berkompeten dan berpengalaman dalam menulis, mengelola dan memublikasi karya ilmiah di berbagai jurnal Nasional dan Internasional.

Nurul Azmi menambahkan, kegiatan ini selain diikuti oleh 50 peserta juga turut dihadiri oleh seluruh ketua Program Studi yang ada di lingkungan Fakultas FKIP Universitas Serambi Mekkah.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Aceh Besar, Arjuna, S.Pd, M.Pd, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USM Banda Aceh, dalam upaya meningkatkan kompetensi para guru khususnya untuk menulis dan memublikasi karya ilmiah.

“Perguruan tinggi dengan berbagai pengalamannya harus mentrasnfer ilmu kepada masyarakat, dan kami masyarakat MAN 1 Aceh Besar siap, sebab di era teknologi yang terus berkembang ini, kita harus memperbaharui informasi per setiap detiknya, jika tidak maka kita terus tertinggal”, ujarnya.

Arjuna juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan USM Banda Aceh yang telah memilih MAN 1 Aceh Besar sebagai salah satu tempat pengabdian, serta atas kepercayaan untuk melaksanakan kerja sama, kedepan dengan adanya MoU tersebut dapat dilaksanakan berbagai kegiatan lainnya.

Arjuna juga mengharapkan adanya kegiatan yang berkelanjutan, misalnya penelitian dan publikasi karya ilmiah bersama antara guru MAN 1 dengan dosen USM, sebab kegiatan seperti itu sangat bermanfaat bagi guru dan siswa di sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here