Fadli Zon Tinjau Proyek IPAL Gampong Jawa

114

Kasadar.com, Banda Aceh|Rombongan DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon meninjau area proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Senin (23/10/2017).

Proyek tersebut berada di komplek tempat pembuangan akhir (TPA), yang berada antara Gampong Jawa dan Gampong Pande, Banda Aceh.Dalam kunjungan itu, Fadli Zon ikut didampingi oleh sejumlah anggota DPR RI asal Aceh. Diantaranya M nasir Djamil, Irmawan, Fadlullah, dan Firmandez. Tampak juga anggota DPRA, Abdurrahman Ahmad.

Usai melihat kondisi situs sejarah IPAL, Fadli Zon mengatakan, karena proyek itu terkait dengan limbah dan kotoran, serta berada dalam kawasan banyak situs sejarah.Maka ia menyarankan agar lokasi itu ditinjau ulang, supaya proyek IPAL yang merupakan program strategis nasional itu dapat direlokasikan ke tempat lain yang lebih memungkinkan.

“Karena ini menyangkut limbah dan kotoran, saya kira bisa kualat kalau kita tidak memindahkannya,” ujarnya.

Berdasarkan amatannya saat ke lokasi situs sejarah IPAL, Fadli Zon mengungkapkan jika di lokasi itu merupakan tempat para bangsawan di masa lalu. Hal itu terlihat dari corak artefak yang ditemukan di tempat itu saat penggalian kolam limbah.

Sehingga ia mendorong agar dilakukan penelitian secara menyeluruh mengenai makam/situs sejarah di kawasan itu.

SUMBERTribunnews
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here