Kasadar.com | Sebagian besar masyarakat mungkin belum paham apa itu stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Dimana sering kali tubuh anak yang pendek sebagai faktor keturunan atau genetik dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Seperti yang kita ketahui, genetik merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan. Aka tetapi, sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi.

Jika tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang. Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, perkembangan otak yang tidak maksimal yang dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk. Sedangkan gajala jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung coroner, hipertensi dan osteoporosis.

Cara mendeteksi stunting pada anak melalui pusat pelayanan kesehatan, seperti puskesmas atau rumah sakit, dengan menggunakan pengukuran standar baku WHO-MGRS (Multicenter Growth References Study), Z-score, dan Denver-milestones.

Berikut cara mencegah stunting pada anak, perbaiki pola makan. Dalam satu porsi makan, setengahnya lagi diisi dengan sumber protein (nabati atau hewani) dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan karbohidrat.  Pola asuh yang kurang baik dalam memberi makan bayi dan balita pencegahannya harus diterapkan mulai dari edukasi tentang kesehatan reproduksi dan gizi bagi remaja hingga para calon ibu untuk memahami pentingnya memenuhi kebutuhan gizi saat hamil. Sanitasi dan akses air bersih juga dibutuhkan karna rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan, akses sanitasi, air bersih memiliki peran dalam pembentukan stunting. Selain itu, kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir perlu diterapkan menjaga tubuh dari berbagai faktor penyebab stunting.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here