FEBI UIN Ar-Raniry Yudisium 253 Mahasiswa

78

Kasadar.com, Banda Aceh | Fakultas Ekokonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menyudisium 253 lulusan, kegiatan tersebut berlangsung, Rabu (20/2/2019) di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Darussalam Banda Aceh. Kegiatan tersebut juga diisi orasi ilmiah oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis.

Dekan FEBI, Dr. Zaki Fuad, M.Ag, usai kegiatan yudisium mengatakan, alumni FEBI UIN Ar-Raniry telah dibekali dengan berbagai disiplin ilmu terkait dengan ekonomi dan bisnis khususnya dalam konteks keislaman, selanjutnya para lulusan dapat bekerja dengan baik pada tempat kerjanya nanti, dan yang paling penting dapat membuka lapangan kerja.

“Para alumni FEBI UIN Ar-Raniry diharapkan menjadi wirausaha muslim yang tangguh, Alhamdulillah beberapa alumni sebelumnya telah bekerja dan sebagian mempu membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” ujarnya.

Dekan menyebutkan, sebagian besar alumni FEBI UIN Ar-Raniry telah bekerja diberbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta, yang membanggakan sebagian di antaranya telah memiliki lebih kurang 20 usaha yang dirintis, seperti bidang poperti, rental, warung kopi, kerajinan tangan, serta sejumlah usaha lainnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya di hadapan peserta yudisium, Zaki Fuad mengingatkan agar lulusan FEBI tidak berhenti pada strata satu, diharapkan terus belajar ke jenjang yang lebih tinggi baik S2 hingga S3. Namun disisi lain hal yang lebih penting adalah harus memiliki soft skill, ini sangat peting, sebab lapangan kerja yang terbuka saat ini sangat dibutuhkan soft skill, dengan bermodalkan itu Insyaallah lulusan FEBI dapat mudah mendapatkan lapangan kerja.

Lebih lanjut, Zaki menambahkan, hal yang lebih penting bagi sarjana lulusan FEBI dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat dilingkungan sekitar, jika ini terwujud maka akan menjadi kekuatan baru ekonomi Islam di Aceh, dengan pengetahun yang didapatkan selama dibangku kuliah,  sehingga pemahaman masyarakat terhadap ekonomi syariah akan cepat tersebarkan seiring dengan peran mereka ditengah-tengah masyarakat.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan FEBI, Dr. Hafas Furqani, M.Ec, menyebutkan peserta yudisium semester ganjil TA 2018/2019 sebanyak 253 orang, terdiri dari 56 laki-laki dan 197 perempuan. 91 di antaranya meraih predikat istimewa, 150 orang baik sekali, 11 orang baik dan 1 orang cukup.

“Pada yudisium semester ganjil ini, peserta yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Reza Mulyani dari prodi S1 Perbankan Syariah dengan IPK, 3.79, disusul oleh Annisaq Ulfa dari S1 Ekonomi Syariah dengan IPK, 3.78, selanjutnya Ayu Masturina dari D-III Perbankan Syariah dengan IPK, 3.59 dan Devian Tri Harsanyana dari prodi S1 Ilmi Ekonomi dengan IPK, 3.53,” kata Hafas.

Wadek I menambahkan, kepada peserta yudisium yang meraih nilai tertinggi pada masing-masing prodi, diberikan pengahargaan dan cindramata oleh dekan FEBI.

SUMBERnat_riwat
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here