FT USM Gelar Pelatihan Simulasi Pilkades E Voting di Desa Batoh

0
84

Banda Aceh, Kasadar.com | Seiring perkembangan teknologi saat ini yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk keperluan demokrasi. Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah ( FT USM) mengadakan Pelatihan dan simulasi Pemilihan Kepala Desa Berbasis E-Voting Gampong Batoh, Lueng Bata.

“Berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan juga nanti nya akan bisa digunakan dalam pemilihan keuchik kedepannya sehingga lebih mudah, dan juga transparansi,” kata Susmanto, S.Kom, M.Kom, selaku ketua panitia, Minggu 10 Oktober 2021

Sementara itu Munawir selaku ketua prodi mengatakan, latar belakang pelaksanaannya e-Voting dalam pilkades antara lain, proses penghitungan suara yang lambat, kurangnya pemilih validitas, pemilihan suara karena rusak atau tidak sah, perbedaan hasil penghitungan yang dilakukan panitia dengan saksi, serta pemanfaatan surat suara sisa.

“Adapun keunggulan sistem e-Voting yaitu mempersembahkan suara hanya satu tanda gambar di panel, penghitungan suara menjadi lebih cepat dan akurat, tidak ada suara yang hilang, sistem keamanan terjamin, jejak jejak audit elektronik bentuk struk suara pilihan pemilih, dan menjamin transparansi, akuntabilitas, serta kecepatan bagi publik untuk mengakses hasil pemilihan,” lanjutnya.

Pada kesampatan yang sama Pelaksana Tugas (PLT) Keuchik melalui Sekretaris Desa kegiatan ini sangat bermanfaat dan mendapatkan ilmu baru tentang pemilihan keuchik secara elektronik, e-voting dapat membantu pemilihan dalam kondisi covid-19 yang wajib menjaga kerumunan dan juga data yang didapatkan adalah sangat transparansi serta mudah dalam perhitungan suara, namun penggunaan e-voting itu juga tidak bisa dilaksanakan jika tidak ada perintah dari atas.

“Berterima kasih kepada Dosen dan Mahasiswa Teknik Komputer yang telah memberikan pemahaman penggunaan Teknologi Informasi dan pak sekdes berharap untuk pemilihan tahap selanjutnya bisa menggunakan e-voting dalam pemilihan keuchik,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here