Gampong Pante Lhong Pilih Kepala Dusun Secara Langsung

425

Kasdar.com, Bireuen | Desa Pante Lhong Kecamatan Peusangan kabupaten Bireuen memilih Kepala Dusun (Kadus) dengan cara demokratis yaitu Pemilihan langsung, semua masyarakat dusun yang sudah mempunyai hak pilih laki-laki dan perempuan datang ke kotak suara untuk menentukan pilihannya pada, minggu 15 April 2018

Sama dengan pemilihan kepala desa lalu dimana pemilih adalah seluruh masyarakat desa yang berada didusun-dusun, pada pemilihan kepala dusun adalah seluruh masyarakat dusun yang sudah hak suara datang ke TPS.

Acara pilkadus tersebut dimulai Jam 08.40 pagi, melalui pengeras suara panitia pemilihan kepala dusun mengumumkan kepada masyarakat untuk segera hadir ke halaman meunasah Gampong Pante Lhong untuk memberikan suaranya kepada kandidat yang menjadi calon kepala dusun dan tepat  jam 11.30 siang kotak suara di tutup dilanjutkan dengan perhitungan suara.

Panitia pelaksana, Agustiar, S.Pd dalam laporannya mengatakan “Pemilih adalah warga desa Pante Lhong yang sudah memiliki hak pilih yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun keatas atau sudah menikah baik laki-laki maupun perempuan dibuktikan dengan ktp atau kk untuk dusun masing-masing”.

Jumlah dusun Gampong Pante Lhong ada 4 dan setiap dusun akan menentukan satu orang untuk kepala dusun depenitif. Dusun Irigasi memiliki kandidat sebanyak 2 orang, dusun Tengku Dipulo 3 orang kandidat, dusun Tengku Direhat 4 orang kandidat dan dusun Teupin Seulanga kandidatnya berjumlah 5 orang.

Hasil perhitungan perolehan suara untuk dusun Tengku direhat dimenangkan oleh saudara Sanusi, dusun Tengku Dipulo saudara Zulkarnaini, lalu untuk 2 dusun lainnya masing-masing dusun Irigasi saudara Zulfikar dan dusun Teupin Seulanga saudara Safrizal.

gampong Pante Lhong Murizal HR mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan panitia pelaksana yang telah berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini. “Hak perogatif telah saya berikan kepada masyarakat untuk bersama bertanggung jawab terhadap pembangunan desa dengan peran masing-masing”.

“ ini merupakan sejarah baru bagi kami, untuk pertama kalinya masyarakat desa Pante Lhong memilih kepala dusun yang melibatkan kaum perempuan dan pemilihan dilakukan sama seperti memilih kepala desa sebagaimana pesta demokrasi pada akhir november 2017 lalu” tutup pak keuchik. (rilis)

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.