Kasadar.com |  Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang Kota Sabang, Aceh, Kamis (4/6/2020) pukul 05.31 WIB. BMKG melaporkan getaran gempa ini terasa hingga ke Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, episenter terletak pada koordinat 5,50 Lintang Utara dan 95,33 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 kilometer arah tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem Sesar Sumatera pada Segmen Aceh,” kata Djati dalam keterangannya.

Dampak gempa bumi ini, lanjut Djati, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sabang III MMI dan Banda Aceh dan Aceh Besar II MMI.

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” ujar Djati.

Nurlaili, warga Banda Aceh mengaku, merasakan hentakan gempa cukup kuat selepas Salat Subuh tadi. “Terasa sekali, tapi enggak lama, enggak sampai harus keluar rumah,” katanya melalui telepon.

Yani, warga lainnya mengaku dirinya sampai terbangun dari tidur akibat gempa tersebut.Sementara itu, menurut informasi ada beberapa bangunan di Keunekai, Kota Sabang rusak akibat gempa ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here