Banda Aceh, Kasadar.com | Dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020, Kantor Wilayah Provinsi Aceh Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan sertifikat tanah kepada 20.000 masyarakat yang ada di berbagai kabupaten/kota di Aceh.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah secara simbolis didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Aceh Agustyarsyah S SiT SH MP di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin (9/11/2020).

Program penyerahan sertifikat tanah tersebut kata Agustyarsyah merupakan program BPN Pusat dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020.

“Dalam rangka hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020 Presiden akan menyerahkan 1 juta sertifikat tanah secara virtual di seluruh Indonesia,” kata Agustyarsyah dalam sambutannya.

Kanwil BPN Aceh sendiri, dalam momentum tersebut menyerahkan sebanyak 20.000 sertifikat kepada masyarakat di Aceh.

Dimana, program tersebut merupakan program Pendaft­aran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kanwil BPN Aceh tahun 2020.

“Kanwil BPN Aceh sendiri akan menyerahkan sebanyak 20 ribu sertifikat hasil kegiatan PTSL tahun 2020. Dan pada hari ini akan kita serahkan secara simbolis sebanyak 200 sertifikat kepada masyarakat di beberapa kabupaten kota di Aceh. Khusus secara simbolis ini kita serahkan kepada 25 warga di Banda Aceh dan Aceh Besar,” katanya.

Dia menyebutkan, target PTSL tahun 2020 di Aceh sebanyak 38.161 sertifikat. Dari total target itu, yang telah diserahkan sebanyak 12.846 orang plus 20.000 yang diserahkan hari ini.

“Dengan progres ini, BPN Aceh mendapat apresiasi dari kementerian menjadi salah satu provinsi progres terbaik. Dan tahun depan mendapat kepercayaan dengan target selebihnya besar yakni 70.000 sertifikat,” kata Agustyarsyah.

Untuk itu, Agustyarsyah, meminta dukungan Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan program sertifikasi tanah masyarakat tersebut.

“Kami mohon dukungan untuk dapat bersama menyukseskan target PTSL. Harapan kami semua tanah di Aceh tersertifat. Semua kegiatan memerlukan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat. Kami mohon bantuan sepenuhnya dari Pak Gubernur dan pemerintah kabupaten kota,” ujarnya.

Masyarakat yang menerima sertifikat tanah hari ini sebanyak 25 orang warga Banda Aceh dan 25 orang warga Aceh Besar. Kemudian yang menerima secara simbolis, empat warga Banda Aceh dan empat warga Aceh Besar.

Selesai penyerahan oleh Gubernur Aceh, juga dilakukan vidcon dengan Presiden Republik Indonesia untuk program penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here