Guru MI Se- Nagan Raya Ikut Diklat Perpustakaan

235

Kasadar.com, Banda Aceh | Sebanyak 56 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) se kabupaten Nagan Raya dibekali dan latih diklat teknis pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis web dengan menggunakan software SLiMS di Aula Kementerian Agama, Nagan Raya. Diklat tersebut berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 18-21 April 2018.

Kegiatan diklat yang diprakarsai oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Nagan Raya bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Provinsi Aceh turut menghadirkan narasumber dan instruktur dari Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, masing-masing Nazaruddin Musa, M.LIS, Arri Suprianto, S.IP dan Muhammad Adi Putra, S.IP.

“Dengan mengikuti diklat diharapkan guru atau pengelola perpustakaan mampu meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mengoptimalkan pelayanan di perpustakan sekolah”,kata Kasie Tenaga Administrasi BDK Aceh, Drs, Mahdi Amin selaku ketua pelaksana, Minggu (22/4).

Menurunya, diklat ini merupakan diklat kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di kabupaten Aceh Tengah, Takengon pada tahun 2017. “Diklat dengan durasi 40 jam pelajaran (JP) ini diisi langsung oleh pemateri professional di bidang perpustakaan, Bapak Nazaruddin Musa, M.LIS yang juga pustakawan berprestasi nasional asal Aceh serta melibatkan dua putra asli Nagan Raya yang merupakan alumni Ilmu Perpustakaan masing-masing Arri Suprianto, S.IP dan Muhammad Adi Putra, S.IP untuk menjadi instruktur selama kegiatan diklat berlangsung.

Selain itu, kata Mahdi dengan melibatkan alumni apalagi putra daerah seperti ini merupakan strategi yg efektif. Disamping untuk memberi pengalaman secara langsung, juga menjadi ajang promosi alumni Ilmu Perpustakaan kepada pihak pemerintah daerah tentang keberadaan dan keahlian SDM yang dimiliki daerah tersebut.

Disisi lain, dengan keterlibatan alumni yang merupakan putra daerah seperti ini juga diharapkan dapat membantu melakukan pendampingan kepada peserta setelah pelatihan ini berakhir.

Diklat ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Nagan Raya, yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Islam, Drs.H.M.Basir, M.Si. Dalam arahannya berharap kepada peserta agar materi yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik di tempat kerja masing-masing. “Mari kita tingkatkan mutu pendidikan Nagan Raya dengan pemberdayaan perpustakaan madrasah yang standar dan modern”,harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, kepala BDK Aceh, Salman Al-Farisi S.Ag.,M.Pd, Mulyadi Idris, S.Ag., M.Pd (Widyaisuara) dan Eri Julianda (Staf Bagian Tenaga Administrasi). (rilis)

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here