Kasadar.com | Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta (HIMPASAY) menggelar workshop bedah ilmiah. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum HIMPASAY Nurul Ihksan, S.Hum, yang menghadirkan beberapa pemateri, diantaranya adalah Bapak Masrizal, Sos., MA yang merupakan Dosen Sosiologi Universitas Syiah Kuala dan juga kandidat doktoral di Universitas Gadjah Mada, kemudian diisi juga oleh Ibu Dr. Fitriah M. Suud., M.Ag yang merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan terakhir diisi oleh Bapak Azwarfajri M. Djuned, S.Ag., M.Si. yang merupakan Dosen UIN Ar-Raniry dan juga kandidat doktoral di Universitas Islam Indonesia.

Pada acara ini ketiga pemateri memberikan tips dan triks untuk membuat artikel ilmiah agar dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional maupun internasional. Dalam acara ini juga, metode pomodoro diperkenalkan dan dicoba aplikasikan oleh pemateri kepada semua peserta yang hadir. Metode ini sangatlah efektif untuk diterapkan pada penulisan agar dapat mengontrol penggunaan waktu dengan sebaik2nya.

Acara ini diselenggarakan di Aula Asrama Putri Aceh Pocut Baren Yogyakarta, ini menjadi agenda rutin HIMPASAY untuk 2x dalam sebulan. Hal ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi mahasiswa-mahasiswi pascasarjana asal Aceh untuk menghasilkan karya penulisan yang dapat terpublikasikan di jurnal jurnal nasional maupun internasional.

“Ini diharapkan menjadi tradisi kita mahasiswa pascasarjana Aceh yang sedang studi di Yogyakarta, agar terus berkarya dalam penulisan ilmiah pada bidangnya masing-masing” kata Nurul Ihksan dalam sambutannya.

Masrizal dan Fitriah menambahkan bahwa tradisi ini sangat penting jika memang punya keinginan terjun ke dunia akademisi, “Seiring perkembangan teknologi, sudah sangat banyak media dan aplikasi yang menjadikan penulisan karya ilmiah kita menjadi lebih baik dan dapat tembus ke jurnal nasional maupun internasional.” ucap mereka.

Terakhir diharapkan ini akan menjadi output bagi peserta agar dapat mempublikasikan karya-karyanya, sehingga tidak hanya menghiasi repository kampus saja namun bisa dibaca oleh pembaca nasional maupun internasional.
By _Ikhwan Rahmatika latief_

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here