IPB University Gelar Seminar Pengabdian Masyarakat di Labuhanhaji

0
570
IPB University gelar seminar pengabdian masyarakat di Gedung Serba Guna Desa Tengah Baru, Kec Labuhanhaji Kab Aceh Selatan, Rabu (20/07/2022). (fot0: FJ)

Aceh Selatan | kasadar.com – IPB University  gelar seminar pengabdian masyarakat di Gedung Serba Guna Desa Tengah Baru, Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (20/07/2022).

Kegiatan tersebut merupakan program “IPB Mengabdi: Dosen Pulang Kampung”, dengan mengusung Tema “Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Kelautan Menjadi Produk Bernilai Tambah”, dan dilaksanakan mulai tanggal 20 s/d 23 Juli 2022.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diinisiasi sekaligus difasilitasi oleh Camat Labuhanhaji, Said Suhardi, S.Pd, dengan menghadirkan Prof. DR. Ir. Lisdar. A. Manaf, ahli bidang Mikrologi dan Prof. Dr. Ir. Nurjanah, MS ahli bidang Tekhnologi Hasil Perikanan.

Sedangkan pembukaan seminar dilakukan oleh  Asiten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Kamarsyah S.Sos, MM, mewakili Bupati Aceh Selatan. Turut serta mendampingi Kabid Usaha Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Rusmarita, SP dan Sekretaris Dinas Pertanian, Firman. SP.

Sebagai peserta seminar antara lain, Keuchik (Kepala Desa), Imum Mukim, Kelompok Tani dan Nelayan se Kecamatan Labuhanhaji.

Camat Labuhanhaji, Said Suhardi, S.Pd dalam sambutannya mengaharapkan kepada para peserta seminar, agar jangan menganggap kegiatan ini hanya sekedar sosialisasi saja.

“Tapi benar-benar memanfaatkan sesuai potensi alam Kecamatan Labuhanhaji yakni Pertanian dan Kelautan,” katanya.

Asiten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Kamarsyah S.Sos, MM, juga dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pemkab Aceh Selatan sangat menyambut baik ide ini.

“Semoga dapat menjadi inspirasi dan solusi bagi peserta, terkait pengelolaan limbah Pertanian dan Kelautan agar bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Kepada kasadar.com, Prof. DR. Ir. Lisdar. A. Manaf, ahli bidang Mikrologi menyampaikan bahwa program ini merupakan sosialisasi yang diharapkan dapat dikembangkan oleh masyarakat dan dibina oleh pemerintah setempat.

“Agar masyarakat dapat memanfaatkan limbah menjadi produk yang dapat menjadi sumber pendapatan yang berkah,” harap Lisdar. A. Manaf yang merupakan keturunan Labuhanhaji.

Prof. Dr. Ir. Nurjanah, MS ahli bidang Tekhnologi Hasil Perikanan menambahkan, program ini diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta pemerintah dalam pengendalian dan pemanfaatan limbah.

“Perlu adanya regulasi untuk pengendalian limbah,” katanya.

“Sehingga masyarakat benar-benar dapat memanfaatkan limbah menjadi sebuah produk bernilai tambah,” demikian tutup Nurjanah.

Pembukaan seminar tersebut diakhri dengan penyerahan cindera mata dari IPB University kepada Pemkab Aceh Selatan dan Camat Labuhanhaji.  [FJ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here