Jadwal Yang Tepat Untuk Periksa Kehamilan di Tengah Pandemi Corona

0
190

Kasadar.com | Hamil dan melahirkan di masa pandemi Covid-19 bikin para ibu hamil was-was. Terlebih, perubahan imunitas pada tubuh ibu hamil memang membuatnya rentan terkena penyakit, termasuk virus corona atau Covid-19. Tak heran jika banyak ibu hamil yang pada akhirnya urung mengunjungi dokter untuk periksa kehamilan mereka karena kekhawatiran tersebut. Namun sebenarnya, amankah jika ibu hamil melewati jadwal pemeriksaan kehamilan?

Untuk menjawab hal ini, dr. Darrell Fernando, SpOG dalam akun Twitternnya @darrellfernando menjelaskan mengenai waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kehamilan di tengah pandemi viris Corona atau Covid-19. Berikut penjelasannya:

1. Usia kandungan kurang dari 11 minggu

Dalam slide yang ia buat, dr. Darrell menjelaskan jika di usia kandungan ini ibu hamil bisa berkonsultasi melalui telemedicine atau online terkait kondisi kehamilannya. Pada usia kandungan ini, USG pun bisa diundur untuk dilakukan. Namun, hal ini berbeda jika Anda memiliki faktor risiko hamil ektopik (luar kandungan), karena Anda sebaiknya tetap melakukan kunjungan langsung ke dokter kandungan.

2. Usia Kandungan 11-13 minggu

Pada usia kandungan ini, Anda disarankan untuk tetap melakukan kunjungan ke dokter kandungan dan melakukan USG. Karena pada masa ini pula biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan laboratorium yang penting untuk menentukan kesehatan Anda dan janin.

3. Usia Kandungan 20 Minggu

Sama seperti sebelumnya, Anda juga sebaiknya jangan melewatkan kunjungan ke dokter kandungan untuk memeriksakan kehamilan Anda. Anda juga disarankan melakukan USG pada usia kandungan ini.

4. Usia Kandungan 28 Minggu

Pada usia kandungan 28 minggu, biasanya dokter akan kembali menyarankan pemeriksaan laboratorium. Inilah sebabnya Anda disarankan untuk melalukan kunjungan ke dokter kandungan pada usia ini.

5. Usia Kandungan 32 dan 36 Minggu

Usia kandungan ini cukup penting untuk Anda melakukan pemeriksaan karena Anda harus menjalani USG untuk mengetahui kondisi dan posisi bayi di dalam perut.

6. Usia Kandungan 37 Minggu – Persalinan

Menginjak usia 37 minggu, biasanya dokter menyarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan setiap minggu hingga Anda melahirkan. Untuk itu, jangan sampai melewatkan kunjungan Anda ke dokter kandungan untuk memantau kondisi si calon bayi.

7. Pasca Bersalin

Setelah melahirkan atau masa nifas, Anda bisa melakukan kontrol lanjutan melalui telemedice atau pemeriksaan online untuk menjaga kondisi kesehatan Anda.

“Intinya: tetap periksa tapi jadwalnya disesuaikan. Jangan sampai nggak periksa karena takut Covid-19, malah komplikasi kehamilan jadi tidak terdeteksi,” jelas dr. Darrell pada tweetnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here