Jumat Kedua di Masjid KL Banda Aceh Kembali Membeludak

154

Kasadar.com, Banda Aceh |  Ribuan jamaah dari Banda Aceh dan Aceh Besar, kembali memadati kompleks Masjid Haji Keuchik Leumiek (Masjid KL), di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Jumat (8/2/2018).

Ini merupakan Shalat Jumat kedua yang dilaksanakan di masjid yang didirikan oleh keluarga Harun Keuchik Leumiek, saudagar logam mulia (emas) di Aceh.

Masjid yang berdiri indah di tepi Krueng Aceh ini diresmikan oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, Senin (28/2/2019).

Amatan Serambinews.com, pada jumat kedua ini, jumlah jamaah tidak seramai dibandingkan pada jumat perdana, 1 Februari 2019 lalu.

Tapi tetap saja, Masjid yang memiliki luas 34 x 22 meter persegi ini tak mampu menampung jumlah jamaah.

Hanya saja, panitia kali ini lebih siap dibandingkan pada jumat perdana.

Belasan karpet/ambal sajadah yang masih baru telah dihamparkan di pekarangan samping dan belakang masjid.

Jika pada jumat perdana pekan lalu jamaah shalat di bawah gerimis, pada jumat kedua tadi, sebagian jamaah yang tak tertampung di dalam masjid, melaksanakan shalat di bawah terik sinar matahari.

Pada jumat kedua ini, Khatib Agus Sri Syamsuddin MA dalam khutbahnya mengupas tentang pentingnya seorang muslim mempersiapkan tiga bekal menuju alam barzah.

Ketiga bekal yang akan menemani di alam kubur itu adalah, sadaqah jariyah, ilmu bermanfaat, dan anak yang saleh.

Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW yang bermakna, “Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, anak saleh yang mendoakannya”.

Agus Sri Syamsuddin kemudian mengupas satu persatu dari ketiga hal yang dimaksud dalam hadits tersebut.

Bagi-bagi Nasi dan Kebab

Pada Jumat kedua di Masjid KL ini, relawan Sahabat Jumat Berkah (SJB) bekerja sama dengan Bank Muamalat, kembali membagi-bagikan nasi kotak dan kebab kepada ratusan jamaah.

Teuku Syauqi, Relawan SJB Aceh kepada Serambinews.com mengatakan, total ada 265 paket nasi kotak dan kebab turkey yang dibagikan kepada jamaah pada Jumat kali ini.

“Nasi kotak dan kebab ini dibagi kepada jamaah yang memegang kupon yang dibagikan kepada jamaah yang datang ke masjid sebelum pukul 12.00 Wib. Jadi targetnya, di dunia dapat nasi bungkus, di akhirat dapat pahala karena datang di awal waktu,” kata Syauqi.

Jamaah Shalat Jumat (8/2/2019) mengantre nasi kotak dan kebab yang dibagikan cuma-cuma oleh Relawan Sahabat Jumat Berkah (SJB) di Kompleks Masjid Haji Keuchiek Leumiek (Masjid KL) Lamseupeung Banda Aceh.

Jamaah Shalat Jumat (8/2/2019) mengantre nasi kotak dan kebab yang dibagikan cuma-cuma oleh Relawan Sahabat Jumat Berkah (SJB) di Kompleks Masjid Haji Keuchiek Leumiek (Masjid KL) Lamseupeung Banda Aceh. (SERAMBINEWS.COM/ZAINAL ARIFIN M NUR)

Ia menjelaskan, Sahabat Jumat Berkah (SJB) adalah komunitas filantropi Muslim yang didirikan oleh KH Sumardi.

Komunitas ini telah bergerak di beberapa provinsi di Indonesia.

“Untuk Aceh, kita baru mulai di satu masjid pada setiap Jumat, dengan jumlah paket sekitar 400-500 nasi kotak dan kebab. Sedangkan di Medan, relawan SJB sudah bergerak di 14 masjid pada setiap Jumat, dengan jumlah paket yang dibagikan mencapai 3.000 sampei 4.000 nasik kotak,” kata Syauqi.

Pegawai Bank Muamalat ini menjelaskan, sudah dua kali Jumat ini relawan SJB Aceh berada di Masjid KL.

Ini merupakan masjid kelima di Aceh yang didatangi oleh relawan SJB.

“Targetnya kita berada di masjid ini (KL) hingga dua Jumat ke depan. Nanti kita akan pindah lagi ke masjid lain yang disepakati oleh pengurus dan donatur SJB,” kata dia.

Ia menjelaskan, sumbangan nasi dan kebab itu digalang dari donatur.

Jumlah donasinya, untuk nasi kotak sebesar Rp 10.000 per kotak. Sementara untuk kebab Rp 15.000 per paket.

“Sejauh ini ada empat donatur rutin yaitu, Hotel Kryad, Hotel 88, Jala Cafe (khusus kebab), dan Rumoh Aceh Kupi Luwak Jeulingke,” ujarnya.

Bagi masyarakat umum yang ingin berdonasi atau menyumbang nasi maupun kebab kepada jamaah Jumat, bisa menyalurkannya melalui rekening Bank Muamalat (147) 2110065226 dan Bank Syariah Mandiri (451) 7112056194 atasnama Sahabat Jumat Berkah.

Donor Darah

Selain pembagian nasi kotak dan kebab, pada Jumat kedua di Masjid KL juga dilaksanakan kegiatan donor darah oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh.

Kegiatan donor darah dengan tema “Jumat beramal dengan setetes darah” ini berlangsung di bawah Rumoh Aceh yang berada di depan Masjid KL.

“Pihak PMI Kota meminta izin untuk melaksanakan donor darah di masjid ini. Kita hanya menyediakan tempat dan pemberitahuan kepada jamaah,” kata Ustaz Jumaris SAg, pengurus Masjid KL.

Informasi diperoleh dari H Kamaruzzaman HKL (Memet), putra Haji Harun Keuchik Leumiek, pihak PMI berhasil mendapatkan 17 kantong darah dari kegiatan tersebut.

 

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.