Jakarta, Kasadar.com | Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat harus diiringi dengan pertumbuhan kecukupan pangan. Struktur umur penduduk yang saat ini didominasi penduduk usia produktif harus dibarengi oleh kebutuhan pangan yang juga bertambah besar.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian menjadi penting dan menjadi solusi utama dalam menghadapi pertambahan penduduk. Untuk itu, pembangunan sektor pertanian perlu perhatian khusus agar mampu menyediakan pangan secara nasional bahkan dunia.

“Pertanian menjadi penting dan pertanian jadi solusi utama bagi penduduk. Kenapa? Karena pertanian membuka lapangan kerja kemudian mendapatkan hasil yang langsung dirasakan. Pertanian mampu memutar ekonomi daerah,” ujarnya dalam webinar Ketahanan dan Swasembada Pangan Indonesia 2045, Senin (9/11/2020).

Menurut dia, pertanian menjadi tanggung jawab semua pihak mulai dari gubernur, bupati, hingga pemangku kepentingan penting. Semua pihak wajib memajukan pertanian demi ketahanan pangan.

“Indonesia berpotensi besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Kita punya sumber daya alam yang menjanjikan untuk digarap. Langkah selanjutnya intervensi apa yang harus dilakukan agar mampu mewujudkan ketahanan pangan,” tuturnya.

Syahrul melanjutkan, Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki tiga pendekatan yang dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan, yaitu maju, mandiri, dan modern.

“Maju dan mandiri adalah upaya bersama untuk mewujudkan produktivitas pertanian. Modern adalah langkah yang harus dilakukan karena pertanian harus masuk dengan pendekatan baru,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here