Kader Demokrat Diminta Bangun Akses Penyandang Disabilitas

179
Ketua Umum Partai Demokrat SBY di dampingi Ibu Ani Yudhoyono dan rombongan serta Ketua DPD PD Banten Iti Octavia dan Ketua DPC PD Kab. Serang Wahyu Megahita Rochani saat tiba di Pantai Pasir Putih Sirih, Anyer, Cinangka, Kabupaten Serang, Minggu (22/4/2018).

Kasadar.com, Banten | Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta kadernya yang menjabat Gubernur, Bupati dan Wali kota, agar lebih memperhatikan aksesibiltas para penyandang disabilitas.

Menurut Presiden RI ke-6 itu, keterbatasan akses ke fasilitas publik, termasuk tempat wisata, salah satunya disebabkan infrastruktur yang tersedia belum ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Saya minta Gubernur, Bupati dan Walikota, berikan perhatian yang nyata kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Demokrat beri contohlah, kalau yang lain belum, kita mulai dulu,” kata SBY.

Hal tersebut diungkapkannya saat berkunjung ke Pantai Pasir Putih Sirih, Cinangka, Kabupaten Serang, dalam rangkaian kegiatan Tour de Banten, Minggu (22/4).
Pada lawatan itu, seorang penyandang disabilitas, Ivo Shadan, mengeluhkan minimnya kebijakan pemerintah terhadap akses fasilitas umum bagi kaum penyandang disabilitas, terutama di daerah.

SBY mengatakan, saat menjabat Presiden dulu ia berkali-kali menginstruksikan para menteri dan kepala daerah, untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan akses penyandang disabilitas.

“Saya minta fasilitas publik dibangun. Tidak boleh ada jalan yang tidak bisa dilewati kursi roda. Begitu pula toilet, juga antrian membeli karcis dan sebagainya,” terang SBY.
Menurut SBY, pemerintahnya dulu juga sudah mewajibkan perusahaan negara untuk memperkerjakan penyandang disabilitas sebanyak 2 persen dari total tenaga kerja.
Bahkan, kata dia, Demokrat pernah mengusulkan agar penyandang disabilitas bisa menjadi wakil rakyat di legislatif.

“Namun dulu itu belum berhasil, tapi kita akan mengusulkannya lagi. Mereka punya hak untuk itu,” ujarnya.

Karena itulah, SBY meminta para kadernya untuk melanjutkan kepedulian terhadap penyandang disabilitas tersebut. Memang menurutnya dulu belum sempurna, pembangunan belum menyeluruh, tapi kepedulian itu harus tetap diteruskan.

“Itu policy dan posisi Partai Demokrat terhadap saudara kita penyandang disabilitas. No discrimination, beri perhatian yang nyata dimulai dari apa yang bisa kita lakukan,” pungkas SBY.

 

SUMBERwww.demokrat.or.id
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here