Kim Jong-un Akan Ubah Zona Waktu Korut Sama Seperti Korsel

130
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menandatangani buku tamu di Peace House Panmunjom di samping adiknya, Kim Yo Jong sebelum melakukan pertemuan bersejarah dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, Jumat (2/4). (Korea Summit Press Pool via AP)

kasadar.com, Seoul | Kim Jong-un mengatakan, ia akan mempercepat 30 menit jam di Korea Utara agar sama dengan zona waktu di Korea Selatan. Kebijakan itu rangkaian dari hasil positif yang dicapai dalam pertemuan Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in pada Jumat, 27 April 2018.

Kedua negara memiliki perbedaan zona waktu sejak 2015, ketika Korea Utara tiba-tiba mengubah waktu standarnya menjadi mundur 30 menit di belakang Korea Selatan.
Seperti dilansir Straits Times yang mengutip dari AFP, Minggu (29/4/2018), Pyongyang menyertakan alasan nasionalistis ketika melakukan perubahan zona waktu.

Mereka mengklaim mengubahnya ke zona waktu yang digunakan sebelum penjajahan Jepang untuk menandai peringatan 70 tahun pembebasan negaranya dari kolonialisme Negeri Matahari Terbit itu.

Kini, setelah KTT Korea Utara-Korea Selatan, Kim Jong-un berjanji akan menyamakan kembali zona waktunya dengan Seoul. Hal tersebut diungkapkan oleh Yoon Young-chan, Juru Bicara Presiden Moon Jae-in.

Menurut Yoon Young-chan, Kim Jong-un merasa sedih melihat dua jam yang tergantung di dinding ruang pertemuan menunjukkan waktu yang berbeda bagi dua tetangga.
“Karena kami yang membuat perubahan standar waktu, maka kami yang akan kembali ke waktu semula. Anda dapat mengumumkannya secara terbuka,” kata Yoon Young-chan mengutip ucapan Kim Jong-un.

Yoon Young-chan memuji itu sebagai “langkah simbolis” untuk hubungan yang lebih baik antara Seoul dan Pyongyang.Perubahan zona waktu Pyongyang sebelumnya mengundang kecaman dari Park Geun Hye, pendahulu Moon Jae-in, yang berasal dari kubu konservatif.

Perbedaan zona waktu dianggap memperdalam perbedaan antara kedua Korea yang tercerai oleh Perang Korea 1950-1953. Perang di Semenanjung Korea secara teknis belum berakhir. Moon Jae-in dan Kim Jong-un pada Jumat lalu bersumpah akan secara resmi mengakhirinya.

SUMBERliputan6.com
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here