KIP Aceh Terima Dukungan18 Balon DPD

176

Kasadar.com, Banda Aceh | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sejak tiga hari lalu mulai menerima syarat dukungan bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Aceh yang akan maju pada Pemilu Legislatif 2019. Hingga Rabu (25/4) kemarin, pukul 16.00 WIB, sebanyak 18 tokoh di Aceh dari berbagai kalangan telah mengantarkan syarat dukungan mereka, berupa foto kopi KTP para pendukung.

Ke-18 orang yang telah menyerahkan syarat dukungan sejak hari pertama hingga kemarin adalah Tgk Abdul Muthalib, Mukhlis Mukhtar, Anwar Ahmad, Iskandar SE, Fadli Abdullah, Dr Ir H Abdullah Puteh, HT Bachrum Manyak, Andri Liska BK SIKom, H Muntasir Hamid SH, Zulfikar W Eda, Sudirman (Haji Uma), Bukhari MY, H Fachrul Razi, Tarmilin Usman, Murdani, Tgk Fachrurrazi bin Hamzah, M Fadhil Rahmi, dan Ghazali Abbas Adan.

Mereka para bakal calon mengantar langsung syarat dukungan ke Kantor KIP Aceh di Banda Aceh, ada yang yang diterima Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, ada juga ke komisioner seperti Junaidi, Hendra Fauzi, Fauziah Intah, dan komisioner lainnya.

Pantauan Serambi, sejak pagi sekira pukul 09.00 WIB, para komisioner KIP Aceh dan para stafnya terlihat sibuk menerima para bakal calon yang datang silih berganti hingga sore kemarin pada pukul 16.00 WIB.

“Proses penyerahan dukungan berlangsung pada 22-26 April. Selama ini kita buka jam delapan sampai jam enam sore. Khusus untuk besok (hari ini-red) kita tutup pada pukul 24.00 WIB, untuk memaksimalkan karena hari terakhir,” kata Junaidi.

Dia menambahkan, sejak dibuka pada 22 April, para bakal calon sudah menyerahkan syarat dukungan, dimulai satu orang pada hari pertama, satu orang hari kedua, dua orang pada hari selanjutnya, dan yang paling ramai menyerahkan berkas adalah kemarin, melebihi 10 orang. Hingga pukul 16.00 WIB, kemarin, total yang telah menyerahkan berkas sebanyak 18 orang dari berbagai kalangan yang siap maju untuk memperebutkan empat kursi DPD RI perwakilan Aceh pada Pileg 2019.

“Besok (hari ini-red) mungkin jumlahnya akan bertambah lagi karena hari terakhir, kita buka sampai pukul 24.00 WIB. Yang boleh menyerahkan syarat dukungan ini adalah mereka yang sebelumnya sudah mengisi atau mengentri data di SIPPP (sistem informasi perseorangan peserta pemilu),” kata Junaidi.

Junaidi mengatakan, sesuai dengan paraturan KPU RI, bakal calon anggota DPD RI dari Aceh harus menyerahkan 2.000 lembar foto kopi KTP sebagai syarat dukungan. Jumlah tersebut juga harus tersebar di 50 persen kabupaten/kota di Aceh atau di 12 kabupaten/kota yang ada di Aceh. “Alhamdullah dari data yang telah diserahkan ini, semua mencapai jumlah minimal, bahkan lebih,” katanya.

Dari 18 bakal calon yang telah menyerahkan syarat dukungan tersebut, mantan gubernur Aceh, Abdullah Puteh ternyata bakal calon yang paling banyak membawa foto kopi KTP ke KIP Aceh. Puteh membawa sebanyak 9.068 lembar dan menurut KIP Aceh foto kopi KTP dukungan untuk Abdullah Puteh itu tersebar di semua kabupaten/kota di Aceh. “Ya Alhamdulillah hari ini saya sudah mengantarkan syarat dukungan dan itu syarat dukungan yang saya peroleh dari pendukung saya di 23 kabupaten/kota,” kata Abdullah Puteh usai menyerahkan syarat dukungannya.

Adapun bakal calon yang telah menyerahkan syarat dukungan berikut jumlah dan penyebarannya adalah, Tgk Abdul Muthalib sebanyak 2.149 lembar tersebar di 13 kabupaten/kota, Mukhlis Mukhtar (2.990 lembar, tersebar di 18 kabupaten/kota), Anwar Ahmad (2.674 lembar tersebar di 15 kabupaten/kota), dan Iskandar SE (2.934 tersebar di 15 kabupaten/kota).

Selanjutnya Fadli Abdullah (2.314 tersebar di 23 kabupaten/kota), Abdullah Puteh (9.068 lembar tersebar di 23 kabupaten/kota), HT Bachrum Manyak (3.388 tersebar di 20 kabupaten/kota), Andri Liska (2.955 lembar tersebar di 14 kabupaten/kota), Muntasir Hamid (2.926 lembar tersebar di 17 kabupaten/kota), Fikar W Eda (2.076 lembar tersebar di 14 kabupaten/kota), dan Sudirman (Haji Uma) sebanyak 4.473 lembar yang tersebar di 19 kabupaten/kota.

Tujuh orang lainnya yang juga menyerahkan syarat dukungan kemarin adalah, Bukhari MY (2.549 lembar tersebar di 13 kabupaten/kota), H Fachrul Razi (3.615 lembar, tersebar di 15 kabupaten/kota), Tarmilin Usman (2.763 lembar, tersebar di 15 kabupaten/kota), Murdani (2.212 lembar, tersebar di 23 kabupaten/kota), Tgk Fachrurrazi bin Hamzah (2.106 lembar, tersebar di 14 kabupaten/kota), M Fadhil Rahmi (2.254 lembar, tersebar di 18 kabupaten/kota), dan yang terakhir adalah Ghazali Abbas Adan yang membawa 4.380 lembar dukungan dan tesebar di 16 kabupaten/kota).

“Mulai 27 April hingga dua minggu setelah itu, akan diverifikasi administari, kalau hari ini kita cuma hitung jumlahnya saja. Setelah verfikasi administrasi juga akan dilakukan verifikasi faktual pada Mei, baru setelah itu dinyatakan memenuhi syarat atau tidak dan kemudian mendaftar sebagai calon anggota DPD RI,” pungkas Junaidi. ()

 

SUMBERaceh.tribunnews.com
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.