Kasadar.com | Di zaman modern seperti sekarang, anak-anak hingga orang dewasa terpapar layar perangkat elektronik seperti smartphone, TV, tablet, atau laptop setiap hari, bahkan bisa dari pagi sampai malam. Padahal, ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata, salah satunya adalah penglihatan jadi kabur.

Selain membatasi menatap layar perangkat elektronik, kamu juga perlu asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan matamu. Selain wortel yang terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan mata, berikut ini sederet buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi untuk mempertajam penglihatanmu!

1. Wortel

Siapa yang tak mengenal manfaat wortel untuk kesehatan mata? Ini berkat kandungan vitamin A yang melimpah.

Melansir Medical News Today, secangkir wortel cincang mengandung 52 kalori dan lebih dari empat kali lipat asupan vitamin A harian yang direkomendasikan orang dewasa dalam bentuk beta-karoten.

Oleh sebab itu vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang sehat, dan mendapatkan cukup nutrisi ini dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan.

Selain itu, sebuah penelitian dalam American Journal of Opthalmology menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 2 porsi wortel seminggu, risiko terkena glaukoma 64 persen lebih rendah dibanding hanya mengkonsumsi 1 porsi wortel.

Glaukoma sendiri memiliki arti kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata.

2. Tomat

Selain wortel, ternyata buah tomat juga bermanfaat bagi kesehatan mata karena berbagai nutrisi di dalamnya.
Tomat mengandung sekelompok fitokimia yang disebut karotenoid, termasuk likopen, lutein, dan beta-karoten. Senyawa ini penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat melindungi dari degenerasi makula terkait usia dan penyakit mata lainnya.

Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa mengolah tomat menjadi jus. Namun, hal yang perlu kamu catat sebelum mengonsumsi tomat, cuci sampai bersih dulu agar bersih dari bakteri dan pestisida.

3. Alpukat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, ditemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi lutein dan zeaksantin memiliki risiko katarak 18 persen lebih rendah.

Begitu juga dengan studi yang dilakukan oleh Nurses’ Health Study dan The Beaver Dam Eye Study juga menyetujui bahwa lutein dan zeaksantin berkhasiat untuk melawan katarak.
Itulah yang membuat alpukat menjadi salah satu buah yang baik bagi kesehatan mata, karena alpukat mengandung kadar lutein yang cukup tinggi, yaitu 80 gram. Alpukat juga mengandung zeaksantin yang merupakan jenis karotenoid yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak mata.

4. Stroberi

Stoberi mengandung vitamin C yang dapat membantu melindungi matamu dari penyakit terkait usia dan menjaga jaringan ikat dan pembuluh darah di sekitar mata tetap sehat. Selain itu, stroberi juga kaya akan folat (vitamin B), serat, dan berbagai fitokimia.

Hal tersebut mampu melawan radikal bebas sekaligus membentuk kolagen, yang merupakan senyawa penyusun struktur kornea mata, sehingga mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Kamu bisa mengonsumsi stroberi secara langsung ataupun diolah menjadi jus. Kebanyakan orang juga mengolah stroberi menjadi salad buah ditambah yoghurt, rasanya akan semakin nikmat.

5. Jeruk

Buah jeruk terkenal kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tak salah jika buah ini digemari oleh banyak orang. Selain itu, jeruk juga memiliki nutrisi yang dapat menjaga kesehatan matamu.

Menurut sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2018, makan satu buah jeruk setiap hari dapat mengurangi risiko degenerasi makula hingga 60 persen!

Itu merupakan studi pertama yang menunjukkan bagaimana senyawa flavonoid dalam jeruk dapat membantu mencegah degenerasi makula.

6. Pepaya

Terkenal khasiat sebagai buah yang dapat membantu melancarkan pencernaan, siapa sangka pepaya juga bisa mendukung kesehatan mata kita.
Selain memiliki sifat antioksidan, karotenoid seperti beta-karoten yang ditemukan dalam pepaya dapat diubah menjadi vitamin A, yang mana ini sangat penting untuk menjaga daya penglihatan dan mata sehat.

Pepaya juga mengandung lutein dan zeaksantin. Dikenal sebagai xanthophylls, fitonutrien ini terkonsentrasi di daerah makula mata.Di sini mereka memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet dan sinar biru energi tinggi yang dapat merusak retina mata dan terlibat dalam persepsi detail yang halus.

Itulah sederet makanan yang bisa kamu tambahkan ke dalam menu makan sehatmu, demi menjaga kesehatan mata dan menjaga daya penglihatan tetap tajam. Optimalkan dengan batasi aktivitas menatap layar perangkat elektronik dan tentunya terapkan pola hidup sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here