KPU akan Publikasikan SIPOL

184

kasadar.com, Jakarta I Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mempublikasikan ke publik hasil input data partai politik (parpol) di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) setelah masa pendaftaran parpol berakhir.

Publikasi SIPOL ini bagian dari kerja transparan yang telah dilaksanakan KPU dan publik bisa mengetahui data-data partai politik yang hendak menjadi peserta Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman dalam diskusi bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait SIPOL, Jumat (13/10) di kantor KPU RI.

“KPU merencanakan setelah tanggal 16 Oktober atau pendaftaran berakhir, SIPOL ini akan dipublikasikan, sehingga publik bisa mengakses SIPOL. Data-data yang akan dibuka ke publik tersebut semua data-data, seperti profil, kantor, dan yang paling penting rekap parpol,” tutur Arief.

Arief juga menjelaskan, meski SIPOL dipublikasikan, tidak semua data dibuka ke publik, seperti nama-nama operator SIPOL pengguna KPU dan pengguna parpol. Hal tersebut untuk menjaga personil-personil tersebut dari hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat operator-operator tersebut yang memiliki user name dan password SIPOL.

“Operator SIPOL tersebut operator resmi yang mendapat mandat dari parpol. Ada 30 parpol nasional dan 7 parpol lokal yang memberi mandat operator, namun baru 25 parpol yang aktif input data,” tambah Arief.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa setiap parpol mendapatkan satu user name dan password. Masalah user name dan password tersebut dishare ke provinsi atau kabupaten/kota, kebijakkan tersebut diserahkan ke masing-masing parpol.

Terkait nama desa yang mirip sehingga rentan dengan kesalahan, itu sangat mungkin terjadi, tambah Hasyim. Contohnya di Lampung ada Desa Wonosobo, hal itu mirip dengan Kabupaten Wonosobo, kemudian ada Kabupaten Batang dan Batanghari, sehingga pentingnya kecermatan dalam mengisi SIPOL.

Hadir dalam diskusi tersebut Donal Fariz (ICW), Adam Mulya B (KoDe Inisiatif), Catherine Natalia (Perludem), Nixigo Tasvilo (JPPR), Rikson H Nababam (IVID), Wahidah Suaib (Partnership), Hadar Nafis Gumay (Correct), dan Dian P (SPD). ()

SUMBERkpu.go.id
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here