KPU Siapkan Penelitian Administratif

152

Kasadar.com, Jakarta I Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup masa pendaftaran partai politik (parpol) sejak tadi malam pukul 24.00 WIB. Kemudian saat ini tinggal proses pemeriksaan pemenuhan dokumen persyaratan pendaftaran yang diberi waktu 1x 24 jam hingga nanti malam pukul 24.00 WIB.

Setelah semua proses pendaftaran selesai, KPU menyiapkan tahapan selanjutnya, yaitu penelitian administratif bagi parpol yang telah dinyatakan mendaftar dengan dokumen lengkap dan diberikan tanda terima. Penelitian administratif ini juga dilakukan oleh KPU/KIP kabupaten/kota.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman saat konferensi pers terkait pendaftaran parpol, Selasa (17/10) di kantor KPU RI. Selain Ketua, hadir juga Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari, Viryan, Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, dan Evi Novida Ginting Manik.

“Setelah dilakukan penelitian administratif, parpol juga diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan, dan hasil perbaikan tersebut dilakukan penelitian kembali. Bagi yang lolos dan memenuhi persyaratan administratif, akan dilanjutkan dengan dilakukan verifikasi faktual,” tutur Arief.

KPU juga akan mempublikasikan SIPOL untuk bisa diakses dan dilihat oleh masyarakat, tambah Arief. Hal ini yang dibangun KPU untuk menjalankan pemilu yang transparan. KPU juga berterimakasih kepada semua pihak atas dukungannya, parpol juga mengerjakan proses dengan baik, Bawaslu juga mengawasi penuh 14 hari, pihak keamanan, dan juga media massa yang mengabarkan semua proses ini berjalan baik sebagaimana faktanya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan terkait masa pemeriksaan dokumen yang diberi waktu 1×24 jam tersebut diibaratkan seperti pemilih yang hadir dan antri di TPS sebelum pukul 13.00, sehingga diperbolehkan mencoblos setelah pukul 13.00.

“Menurut pengamatan dari Bawaslu, pemeriksaan dokumen parpol paling cepat 9 jam, dan paling lama 49 jam, sehingga KPU mengambil jalan tengah 1×24 jam. Itu dengan syarat parpol yang datang mendaftar sebelum jam 24.00 WIB. Jadi logika berpikirnya ini bukan perpanjangan masa pendaftaran, tetapi sebagai bagian dari kepastian hukum agar pemeriksaanada batas waktunya” ujar Pramono.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari menegaskan bahwa pendaftaran telah ditutup pukul 24.00, dan soal pemeriksaannya tetap dilanjutkan sampai selesai atas dokumen terakhir yang diberikan. Parpol yang telah diperiksa dan lengkap dokumennya diberikan tanda terima, sedangkan bagi yang belum lengkap diberikan cek list data apa saja yang ada dan tidak ada. ()

SUMBERKPU
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here