Jakarta, Kasadar.com | Pemerintah mulai membuka beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan pada hari ini. Seluruh masyarakat Indonesia pun boleh mendaftar dengan memenuhi persyaratan.

Ada dua jenis beasiswa yang dibuka, yakni beasiswa pendidik yang ditujukan untuk guru tetap di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencari jenjang magister, serta doktoral bagi dosen di perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

Selain itu, beasiswa perguruan tinggi utama dunia untuk seluruh masyarakat yang sudah mendapatkan surat keterangan diterima atau Letter of Admission/ Acceptance Unconditional dari perguruan tinggi peringkat utama dunia.

Nah, apa saja daftar universitas beasiswa LPDP dan pengertiannya?

1. Pengertian

LPDP merupakan beasiswa yang berasal dari dana negara. Beasiswa tersebut selalu dianggarkan 20% oleh Kementerian Keuangan dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).

Lembaga ini ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badana Layanan Umum melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012

2. Syarat Beasiswa LPDP

Sebelum mendaftar, dipastikan bahwa calon pelamar memenuhi persyaratan di bawah ini

-Warga Negara Indonesia
-Telah lulus studi S1 (program sarjana), atau S2 (program magister) dari: perguruan tinggi di dalam negeri, yang terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi); perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.
-Jika sedang bekerja, wajib melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari departemen sumber daya manusia (HRD)
-Sebagai peserta untuk beasiswa luar negeri, wajib melampirkan 3 jenis surat keterangan sehat yaitu surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba, dan surat keterangan tambahan yang menyatakan bebas TBC, dari dokter Rumah Sakit Pemerintah.
-Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya.
-Memiliki IPK minimal 3.0 untuk pelamar S2, dan minimal 3.2 untuk pelamar S3
-Untuk program ke negara berbahasa Inggris, pelamar S2 wajib membuktikan kefasihan berbahasa Inggris misalnya dengan IELTS minimal 6.5 dan pelamar S2 minimal 7.0 kecuali ia merupakan lulusan Perguruan Tinggi luar negeri.
-Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler
-Melampirkan rencana studi (program magister) yang berisi silabus program studi yang akan ditempuh
-Menulis proposal studi
-Melampirkan Proposal Penelitian bagi pendaftar program Doktoral
-Menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa: Pelamar bersedia kembali ke Indonesia selesai studi, Pelamar tidak sedang menerima dan tidak akan menerima beasiswa dari sumber lain, Pelamar tidak sedang dalam status melanggar hukum ataupun mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, Pelamar tidak terlibat dalam tindakan yang melanggar kode etik akademik, Selalu mengabdi demi kepentingan bangsa Indonesia, setia kepada NKRI dan sanggup memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh LPDP, Pelamar menyampaikan data dengan benar, sesuai dokumen asli. Serta bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku jika dokumen tersebut tidak sah.
-Pendaftar jenjang Magister maksimal 35 tahun dan jenjang Doktoral maksimal 40 tahun
-Memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam LPDP (khusus jenjang Doktoral)
-Memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP
-Menjalankan masa kuliah tidak melebihi waktu yang ditentukan oleh universitas.
-Jika terdapat pemalsuan data maka bersedia dinyatakan gugur dari LPDP
-Membawa SKKB / SKCK dari kepolisian pada waktu seleksi wawancara

3. Daftar Universitas LPDP

Adapun, calon pendaftaran beasiswa LPDP bisa dilakukan oleh WNI yang telah menerima surat keterangan diterima di universitas di bawah ini:

-California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat
-Columbia University, Amerika Serikat
-Cornell University, Amerika Serikat
-ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology, Swiss
-Harvard University, Amerika Serikat
-Johns Hopkins University, Amerika Serikat
-Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
-Princeton University, Amerika Serikat
-Stanford University, Amerika Serikat
-University of Cambridge, Inggris
-University of Oxford, Inggris
-Yale, University Amerika Serikat

4. Proses Seleksi

Pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen di situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Sebelumnya, pastikan telah memiliki akun terlebih dahulu.

Kemudian, akan ada seleksi administrasi oleh tim penyeleksi berupa pemeriksaan kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya, seperti di bawah ini:

-Tim penyeleksi administrasi melakukan verifikasi dan validasi terhadap kelengkapan dan kecocokan berkas pendaftaran berdasarkan persyaratan yang ditetapkan.
-Pendaftar yang dokumennya tidak memenuhi persyaratan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.
-Pendaftar yang dokumennya memenuhi persyaratan dinyatakan lulus administrasi.
-Khusus untuk BPI Peringkat Utama Dunia yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ditetapkan sebagai peserta wawancara.
Informasi pendaftar yang lulus atau tidak lulus seleksi administrasi disampaikan melalui akun pendaftaran online masing-masing pendaftar.
-Pendaftar yang tidak lulus seleksi administrasi dapat mendaftar kembali pada periode berikutnya.

Kemudian, setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi calon pelamar akan melakukan wawancara. Namun, perlu diingat beberapa hal, seperti:

-Sebelum wawancara, verifikator yang ditunjuk oleh LPDP melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diserahkan oleh peserta
-Peserta tidak dapat mengikuti seleksi wawancara, apabila dokumen yang diserahkan (1) tidak sesuai dengan persyaratan LPDP, atau (2) terdapat unsur pemalsuan dokumen.
-Peserta yang melakukan pemalsuan data atau dokumen tidak dapat mendaftar kembali pada semua program beasiswa LPDP.
-Peserta mengikuti wawancara berdasarkan lokasi yang dipilih pada saat pendaftaran.
-Wawancara dilaksanakan oleh Tim Pewawancara yang ditetapkan oleh LPDP.
-Peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi wawancara tidak dapat mendaftar pada seluruh program beasiswa LPDP di tahun yang sama.

Selamat mencoba beasiswa LPDP!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here