MA Putuskan Asrama Ponco di Yogyakarta Milik Aceh, Ini yang akan Dilakukan Plt Gubernur Aceh

141

Kasadar.com, Banda Aceh| Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan perkara sengketa hak milik Asrama Meuligoe Iskandar Muda di Jalan Poncowinata Nomor 6, Jetis, Yogyakarta atau lebih dikenal Asrama Ponco.

Dalam amar putusan Nomor 1344.K/PDT/2018 tanggal 23 Juli 2018, majelis hakim menyatakan menolak permohonan kasasi dari Penggugat, Sutan Suryajaya, orang yang mengklaim sebagai pemilik sah asrama tersebut.

Artinya, kepemilikan Asrama Ponco sah menjadi pemerintah Aceh. Penghuni asrama tersebut yang merupakan mahasiswa Aceh yang sedang menempuh pendidikan di sana pun merasa lega dengan putusan itu.

“Menolak permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi (Sutan Suryajaya). Menghukum Pemohon Kasasi untuk membayar biaya perkara dalam tingkat kasasi ini sejumlah Rp 500.000,” demikian inti putusan MA yang diterima awak media.

Kuasa Hukum Penghuni Asrama Ponco, Zulfitri Adli SH yang dihubungi awak media, Senin (1/10/2018) malam menyampaikan bahwa pihaknya baru menerima relas pemberitahun isi putusan MA yang disampaikan oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Sementara petikan lengkap putusan MA belum turun.

“Pemberitahuannya kita terima pada Kamis (27/9/2018),” katanya melalui telepon dari Yogyakarta.

Advokat asal Aceh yang sudah lama menetap di Yogyakarta ini menyatakan, putusan MA telah sesuai dengan pertimbangan PT Yogyakarta dan harapan masyarakat Aceh.

“Putusan itu telah sesuai dengan aturan hukum karena asrama itu merupakan hak milik pemda Aceh, cuma (status hukum asrama itu) belum diurus secara formal oleh pemerintah Aceh karena belum ada sertifikatnya,” kata Zulfitri.

Setelah turunnya pemberitahuan isi putusan MA, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan akan mengunjungi Asrama Ponco.

Informasi itu disampaikan oleh mantan penghuni Asrama Ponco, Hifjir kepada awak media, Selasa (2/10/2018).

“Insya Allah saya akan cari waktu utk kunjungi asrama ponco…,” kata Hifjir mengutip percakapan Nova dengan dirinya melalui whatsapp yang di screenshot ke awak media.

Dalam percakapan itu, Hifjir meminta Nova untuk memasukkan Asrama Ponco dalam aset Pemerintah Aceh. “Ya Hifjir, maksud saya juga begitu,” jawab Nova.

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here