Kasadar.com, Ar-Raniry | Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menyerahkan sebanyak 11.330 buku kepada gampong pengabdian mahasiswa di wilayah Aceh Tengah, buku tersebut selain sebagai bahan ajar pendukung bagi mahasiswa yang melakukan pengabdian, juga nantinya akan ditempatkan pada perpustakaan masing-masing gampong.

Kasubbag TU LP2M UIN Ar-Raniry, Jakfar, A.Md, disela-sela kegiatan, Selasa (9/3/2020) mengatakan, bahwa buku tersebut merupakan bahan ajar pendukung pembelajaran kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UIN Ar-Raniry, untuk selanjutnya akan diserahkan kepada pengelola perpustakaan di masing-masing gampong mereka mengabdi.

“Tim Pelaksana KPM UIN Ar-Raniry telah mendistribusikan bahan ajaran pendukung Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat kepada mahasiswa yang sedang melakukan KPM di Aceh Tengah, buku-buku tersebut nantinya akan di tempatkan di perpustakaan gampong,” ujarnya.

Jakfat menambahkan, buku pendukung ajar terdiri tersebut dari buku Tuntunan Shalat, buku Menangkal Narkoba dengan Pendidikan Agama Islam, Mengenal Obat-obatan di lingkungan sekitar, serta berbagai jenis buku lainnya.

Disebutkan, sebanyak 11.330 buku tersebut dibagikan kepada 110 gampong tempat pengabdian mahasiswa UIN Ar-Raniry melalui KPM reguler terpadu semester genap tahun akademik 2019/2020 yang berlangsung selama 60 hari.

“Masing-masing gampong akan mendapatkan sebanyak 103 unit buku, jumlah gampong yang diberikan sebanyak 110 gampong, jadi totalnya ada 11.330 buku yang diberikan UIN Ar-Raniry untuk pemberdayaan perpustakaan gampong,” ujarnya.

Menurutnya, buku-buku tersebut akan menjadi bahan bacaan bagi masyarakat, yang akan ditempatkan pada perpustakaan gampong, walaupun jumlahnya sedikit, namun buku tersebut merupakan buku-buku baru.

Jakfar menambahkan, buku didistribusikan ke seluruh kecamatan, selanjutnya akan serahkan ke setiap gampong dimana mahasiswa melakukan pengabdian. Lebih lanjut dikatakan, peserta KPM telah melakukan pengabdian sejak 17 Februari lalu dan akan berakhir pada 16 April 2020 mendatang.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here