Kasadar.com | Asam lambung adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena tingkat keasaman pada lambung naik. Pada dasarnya, terdapat beberapa pantangan bagi penderita asam lambung seperti menghindari jenis makanan dan minuman tertentu yang mengakibatkan asam lambung naik dan kambuh lagi.

Cairan asam lambung dalam tubuh sangat berperan penting dalam membantu pencernaan protein, dengan cara menghidupkan enzim pencernaan yang mengurai protein menjadi asam amino.

Asam lambung yang naik dapat menyebabkan rasa sakit tak tertahankan dan membuat tidak nyaman penderitanya dengan memberikan sensasi terbakar pada area dada.

Selain itu juga menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam menelan sesuatu.

Cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi asam lambung yang naik adalah dengan memperhatikan pola makan.

Pada umumnya, asam lambung naik disebabkan beberapa faktor yang bisa berbeda tiap orang. Namun, penyebab utama asam lambung menjadi naik adalah makanan dan minuman tertentu.

Perlu diketahui, makanan memang sangat diperlukan tubuh untuk tetap sehat, tetapi terdapat beberapa makanan yang menjadi sumber masalah bagi lambung.

Berdasar dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis makanan dan minuman tertentu menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari untuk mencegah gangguan pencernaan, mulas, dan gejala asam lambung lainnya yang mungkin akan terjadi.
Berikut makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung yang sebaiknya dihindari agar asam lambung tak naik dan kambuh lagi.

1. Makanan Berlemak dan Gorengan

Makanan berlemak dan gorengan termasuk jenis pantangan bagi penderita asam lambung karena mampu meningkatkan asam lambung di tubuh.

Umumnya, makanan berlemak dapat menurunkan tekanan pada LES, lingkaran otot yang berada di bagian bawah kerongkongan.

Tak hanya itu, makanan berlemak juga dapat menunda dalam pengosongan perut, sehingga mampu meningkatkan risiko asam lambung yang naik.

Beberapa jenis makanan berlemak dan gorengan yang perlu dihindari seperti kentang goreng, mentega, susu, keju, es krim, dan keripik kentang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

2. Makanan Pedas

Selain makanan berlemak dan gorengan, makanan pedas juga disarankan untuk dihindari oleh penderita asam lambung.

Hal ini disebabkan bahwa makanan pedas dapat mengakibatkan sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

Penderita asam lambung kemungkinan akan merasakan gejala seperti perut terbakar ketika mengonsumsi makanan pedas.

Berdasar pada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa makanan pedas sebenarnya dapat memperburuk gejala asam lambung.

Sehingga jenis makanan pedas termasuk pantangan bagi penderita asam lambung karena dapat mengakibatkan asam lambung naik dan kambuh.

3. Buah dan Sayuran Tertentu

Pada dasarnya, buah dan sayur merupakan jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi ada jenis buah dan sayuran tertentu yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

Buah dan sayuran yang menjadi pantangan penderita asam lambung yaitu nanas, jeruk, lemon, bawang putih, bawang bombay dan makanan berbahan dasar tomat.

Penderita asam lambung sebaiknya menghindari dalam mengonsumsi jenis buah dan sayuran tersebut karena dapat mengakibatkan asam lambung naik dan kambuh.

4. Minuman

Selain makanan dan buah, terdapat beberapa jenis minuman yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Minuman seperti alkohol, kopi, jus jeruk, dan jus tomat umumnya dapat memicu gejala asam lambung.

Bahkan kopi juga dapat meningkatkan dan memperparah gejala asam lambung. Namun, ada beberapa penderita asam lambung yang mampu mentolerir kopi dengan baik.

Selain menghindari beberapa jenis makanan dan menuman yang menjadi pantang, penderita asam lambung juga perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk meredakan asam lambung naik seperti:

1. Menjaga berat badan yang ideal;

2. Menghindari alkohol;

3. Menghentikan kebiasaan merokok;

4. Tidak makan berlebihan;

5. Makan secara perlahan;

6. Menghindari penggunaan pakaian ketat;

7. Tidak makan 3-4 jam sebelum tidur.

Umumnya, penderita asam lambung bisa mengontrol dan meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan karena asam lambung naik dengan perubahan gaya hidup, pola makan yang sehat, dan obat-obatan yang bisa menetralkan asam lambung.

Selain itu, juga perlu mengenali makanan sehat yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung agar gejalanya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila asam lambung dirasa sudah semakin parah, bisa segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai pengobatan terbaik yang bisa dilakukan, untuk meredakan gejala asam lambung

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here