Kasadar.com, Jakarta |Sistem imun makin mendapat perhatian semenjak pandemi. Asupan nutrisi seperti seng (zinc) penting sebagai mineral yang membantu membentuk sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan dapat menjadi pilihan sumber seng terbaik.

Seng dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Seng juga diketahui dapat menghalangi virus bereplikasi dan menyeimbangkan respons imun saat ada infeksi.

Tidak hanya sistem imun, seng juga memainkan peran dalam metabolisme, pencernaan, dan fungsi saraf.

Penting untuk memenuhi asupan seng sekitar 8-13 miligram per hari untuk orang dewasa. Anda bisa memperoleh seng dari beberapa jenis makanan berikut.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, dan almond mampu memberikan asupan seng untuk tubuh. Melansir dari Healthline, di antara beberapa jenis kacang, kacang mete memiliki kandungan seng paling banyak, yakni 15 persen kebutuhan seng harian per 28 gram kacang.

Kacang-kacangan bisa Anda masukkan sebagai makanan selingan di antara jam makan besar. Tidak hanya mineral penting, konsumsi kacang-kacangan juga memberikan asupan lemak dan serat.

2. Kerang

Boga bahari, terutama kerang, mengandung seng cukup tinggi. Melansir dari Popsugar, sekitar 84 gram sajian kerang mengandung lebih dari 600 persen kebutuhan harian seng.

Tidak hanya kerang, boga bahari jenis hewan bercangkang juga mengandung seng. Misalnya saja udang yang menyediakan 14 persen kebutuhan harian seng per 100 gram sajian.

3. Daging merah

Daging merah menjadi sumber seng yang baik, termasuk daging sapi, domba, maupun babi. Dalam 100 gram daging sapi mentah terdapat 4,8 miligram seng atau sekitar 44 persen kebutuhan seng harian.

Dari jumlah yang sama, Anda juga bisa memperoleh 176 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak.

Namun, manfaat ini bisa didapat jika Anda menghindari daging olahan.

4. Daging ayam

Produk unggas termasuk daging ayam juga menyediakan asupan seng. Melansir Everyday Health, dalam 128 gram daging ayam tanpa kulit mengandung 2,13 miligram seng atau 19 persen dari kebutuhan seng harian.

Telur ayam pun bisa dijadikan salah satu sumber seng. Satu telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 0,6 miligram seng.

5. Jamur

Mereka yang tidak mengonsumsi daging maupun produk unggas tetap bisa memperoleh seng. Jamur, bayam, brokoli, kale, dan bawang putih mengandung seng juga mineral dan vitamin lain. Dalam 128 gram jamur potong mentah terkandung sekitar 0,4 gram seng atau 3 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan dalam jumlah yang sama, kale mampu memberikan 0,3 gram seng.

Tidak hanya seng, konsumsi jamur juga memberikan 20 kalori dan riboflavin yang kaya. Kale dan sayuran hijau lain memberikan vitamin A, K, B6, dan C plus kalsium, potasium, tembaga, dan mangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here