Kasadar.com | Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman rimpang yang memiliki rasa pedas ini berkhasiat baik untuk tubuh. Simak 5 manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu kalian ketahui.

Rasa dominan pedas pada Jahe disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Sejarah jahe diperkirakan berasal dari India tapi ada yang percaya rempah-rempah ini datang dari Tiongkok Selatan. Jahe menjadi komoditas populer ketika zaman kolonialisme.

Selain digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada makanan, jahe memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh mulai dari pencernaan hingga meredakan peradangan.Tak hanya di Indonesia, keberadaan jahe sebagai alternatif obat herbal juga digunakan di beberapa negara seperti Cina, India, hingga Timur Tengah. Berikut ini manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Pencernaan

Manfaat jahe untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi masalah pencernaan. Apakah Anda memiliki masalah pencernaan?

Maka Anda harus mulai menyetok jahe di rumah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, jahe adalah obat alternatif untuk meredakan gejala iritasi dalam perut seperti gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah kontraksi perut, hingga membantu pergerakan makanan selama dicerna di dalam usus.
Selain itu, kandungan phenolic pada jahe juga mampu meredakan perut kembung akibat gas berlebih pada sistem pencernaan.

2. Mengurangi Mual

Jahe juga bermanfaat untuk mengurangi mual akibat morning sickness, vertigo, atau efek samping konsumsi obat tertentu. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dimakan mentah, diseduh, maupun dalam bentuk permen.

3. Detoksifikasi

Mengkonsumsi jahe secara teratur juga dapat memicu keluarnya keringat. Hal ini sangat bermanfaat untuk meredakan demam atau flu.

Selain itu, keringat yang keluar juga merupakan salah satu proses detoksifikasi dan melindungi tubuh dari mikroorganisme tertentu yang dapat menyebabkan penyakit kulit atau infeksi. Menurut penelitian, keringat dapat melindungi diri dari berbagai bakteri seperti E.coli dan staphylococcus aureus.

4. Melindungi Diri dari Kanker

Kandungan gingerol dan phytonutrient mampu memberikan perlindungan dari sel kanker pada bagian usus besar. Selain itu, gingerol juga mampu mencegah dampak penyebaran serta mengurangi tingkat keparahan sel tumor yang tidak bisa diangkat atau dioperasi.

5. Peradangan

Gingerol pada jahe memiliki sifat anti-inflamatory yang berfungsi meredakan peradangan pada penderita osteoarthritis dan rematik.

Selain itu, mengkonsumsi jahe secara teratur uga ampuh mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh karena jahe mampu menghambat proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

Demikian manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu kalian ketahui. Perhatikan cara mengkonsumsi jahe dan jika perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here