Masyarakat Harus Pedomani Empat Pilar Kebangsaan

329

Kasadar.com, Singkil l Dewasa ini banyak masyarakat Indonesia yang tidak memahami nilai-nilai kebangsaan dalam empat pilar kebangsaan dimana hendaknya menjadi pegangan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kata Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI), Teuku Riefky Harsya MT di depan 150 peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan pada Jumat 22/9/17 di Aceh Singkil.

Dalam sosialisasi dengan mengangkat tema ‘Tanamkan sejak dini Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika guna melahirkan pemuda dan masyarakat yang berjiwa patriot itu, dihadiri oleh para siswa, mahasiswa, perwakilan ormas, tokoh masyarakat dan tokoh adat di Aceh Singkil.

“Karena itu, kita harus mencegah pengaruh-pengaruh negatif. Pencegahannya dengan pembekalan dan pemahaman empat pilar ini, yang membingkai dan melandasi serta jadi pilar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,” kata Wasekjend DPP Partai Demokrat ini.

Menurutnya, sosialisi empat pilar yang ‎selalu dilaksanakan itu, untuk menumbuhkan semangat dan motivasi tinggi terhadap kebangsaan. Hal itu diperlukan agar masa depan bangsa akan lebih tegak dan kokoh dalam menuju cita-cita proklamasi.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting diikuti para masyarakat agar tak salah dalam mengartikan NKRI,” ungkapnya.

Sehingga, sambungnya, dengan rutin dilakukan empat pilar kebangsaan, masyarakat bisa menjadi pengawal keutuhan NKRI.

“Makanya, kami saat ini diwajibkan turun ke dapil masing-masing, untuk melakukan sosialisasi ini. Hal ini dikarenakan rasa dan nilai kebangsaan di masyarakat dirasa telah mulai terkikis dan perlu ditanam kembali,” ujarnya.

Untuk itu, sosialisasi dilakukan pada semua masyarakat, bukan hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak sekolah agar memberikan karakter yang baik bagi calon pemimpin bangsa dimasa depan.

“Dalam mengamalkan empat pilar kebangsaan, berarti harus mampu menjaga kerukunan hidup di daerah ini demi mewujudkan bangsa yang maju dan sejahtera. Sehingga, budaya perang harus dihentikan,” kata Anggota MPR-RI asal Aceh ini.

Sementara itu, Sekretaris LSM Inspirasi Pemuda Aceh, Ismi Amran mengapresiasi sosialisasi empat pilar kebangsaan dan berharap terus di sosialisasikan di setiap ada kesempatan.

“Generasi muda saat ini terutama mahasiswa sangat mengapresiasi upaya-upaya pemahaman Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini,” katanya.

Karena, sambungnya, MPR diamanahkan Undang-Undang untuk melakukan kegiatan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada masyarakat melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

“Jika ini dipahami dengan nilai-nilai luhur bangsa, maka mereka akan bijak, apabila kelak mereka menjadi pejabat publik. Maka, Generasi muda janganlah silau dengan apapun yang dari luar. Kualitas dan kemampuan bangsa kita tidak kalah dengan bangsa lain,” pintanya.()

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.