Kasadar.com, Banda Aceh | MIN 11 Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC) dan Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry melakukan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi School Integrated Library System (SchILS). Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 25-27 Juli 2020.

Kepala MIN 11 Banda Aceh, Dahrina M SAg MA mengatakan bahwa kegiatan pengembangan perpustakaan merupakan terobosan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi siswa dalam mengakses koleksi perpustakaan.

“Kegiatan ini merupakan sebuah terobosan baru untuk tampil modern. Sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan dan manajemen pengelolaan perpustakaan”,kata Dahrina saat melakukan peluncuran program layanan perpustakaan berbasis komputerisasi, Senin (27/7) di ruang Perpustakaan sekolah tersebut.

Di era teknologi informasi saat ini, kata Dahrina kita dituntut agar selalu mengikuti perkembangan teknologi. Begitu juga dengan perpustakaan sekolah yang dituntut agar mampu memenuhi kebutuhan informasi dan layanan bagi warga sekolah.

Sementara itu, konsultan perpustakaan, Nazaruddin MLIS menjelaskan bahwa kegiatan pengembangan perpustakaan merupakan realisasi kerjasama antara Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan Aceh Library Consultant (ALC) dengan MIN 11 Banda Aceh sebagai upaya mewujudkan program pengembangan perpustakaan sekolah berbasis web.

Ia berharap, melalui kegiatan ini setidaknya bisa membantu rutinitas pengelolaan administrasi dan manajemen perpustakaan, mulai dari kegiatan pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

“Kehadiran teknologi di perpustakaan tidak merubah subtansi dari pekerjaan tetapi hanya mengubah cara kerja yang dulunya dikelola secara manual namun secara dengan sistem komputerisasi”,kata Nazaruddin yang juga sebagai dosen tetap prodi Ilmu Perpustakaan.

Banda Aceh, 27 Juli 2020

Siaran pers ini ditulis dan disebarkan oleh Aceh Library Consultant. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi:

Arkin: HP. 085277747491

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here