Kasadar.com, Tapaktuan.| Muspika Labuhanhaji Timur bersama Tim BPBD Kabupaten Aceh Selatan melakukan peninjauan ke lokasi terdampak banjir di Keumukiman Peulumat, Jum’at (10/01/2019).

Keumukiman Peulumat Kec. Labuhanhaji Timur Kab. Aceh Selatan merupakan salah satu terdampak banjir yang cukup parah akibat luapan sungai dikarenan curah hujan yang cukup tinggi pada hari Kamis, 09 Januari 2020.

Sepantauan media yang turun ke lokasi melakukan Giat Peninjauan tersebut tersebut antara lain; Tim BPBD Asel Yuliadi, Dodi Gunawan dan Tim, Kapolsek Labuhanhaji Timur Ipda Supianto didampingi Banit Intelkam Bripka Denni S dan Bhabinkamtibmas Bhabinkamtibmas, Camat Labuhanhaji Timur Salmiadi serta Danramil Labuhanhaji Timur diwakili Kopda Hendra.

Dalam laporan sementara Kapolsek Labuhanhaji Timur Ipda Supianto menyebutkan Giat ke lokasi terdampak banjir di Keumukiman Peulumat dilakukan dibeberapa titik terdampak banjir yang cukup parah diantranya:

Desa Gunung Rotan air meluap dari tanggul dan gorong yang sudah roboh +- 30 meter. Desa Peneulop tembok pagar SMP Neg 3 roboh +- 64 meter. Desa Limau Saring, Desa Aur Peulumat, Tengah Peulumat, luapan air sungai yang sangat tinggi. Akibat luapan air sungai tersebut mengakibatkan kerusakan fasilitas publik dan rumah masyarakat.

Desa Paya Peulumat terjadinya abrasi tebing sungai. luapan air sungai yang sangat tinggi. Akibat luapan air sungai tersebut mengakibatkan kerusakan fasilitas publik dan rumah masyarakat.

“Secara keseluruhan warga Kemukiman Peulumat mengalami dampak banjir dari luapan sungai, namun tidak ada korban jiwa,” kata Ipda Supianto.

“Sedangkan untuk data rumah yang terkena banjir masih dalam pendataan,” ujar Ipda Supianto.

Kapolsek Labuhanhaji Timur juga mengarapkan peran aktif masyarakat untuk memberikan laporan dampak banjir ke perangkat Gampong masing-masing untuk dilakukan pendataan yang real.

Masih dalam kesempatan yang sama Camat Labuhanhaji Timur Salmiadi menyampaikan pihaknya telah meminta seluruh perangkat Gampong se Kecamatan Labuhanhaji Timur terutama Keumukiman Peulumat untuk melakukan pendataan dampak banjir. “Kita inginkan data yang akurat,” tegasnya.

Mewakili Tim BPBD Aceh Selatan Dodi Gunawan mengatakan dari kunjungan ke lokasi hari ini, kita telah mengantongi data awal dampak banjir yang terjadi kemarin, “Namun itu masih belum cukup, karena kita masih menunggu inventarisir data dampak banjir dari masing-masing Gampong untuk melengkapi data kita hari ini,”

Dodi juga mengingatkan cuaca di Aceh Selatan masih ektrims, diperkirakan akan terjadi hujan lagi, masyarakat diminta waspada dan hati-hati melakukan aktivitas di kolakasi rawan banjir. Demikian tutupnya Dodi Gunawan.

Sepantauan awak media yang mendapingi dilokasi, sejumlah lembaga pendidikan pesanten dan sekolah terpaksa diliburkan. Sawah dan kebun warga banyak rusak dan banyak usuha kecil yang mengalami kerugiaan dan tutup pada hari ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here