Banda Aceh, Kasadar.com | Gampong Lamgugob kecamatan Syiah Kuala menjalankan kegiatan posyandu di Puskesmas Pembantu Lamgugob Banda Aceh.

kegiatan posyandu ini tetap berjalan meski ditengah pandemic Covid-19. Hal ini dilakukan kader- kader posyandu bersama dengan mahasiswa KKN UIN Walisongo dan KPM UIN Ar-Raniry agar pendataan serta penyuluhan gizi yang selama ini dilakukan sebagai bentuk upaya preventif untuk mengatasi masalah gizi buruk pada balita.

Kegiatan operasional posyandu ini yang dilakukan secara rutin setiap bulannya pada minggu ke-2, bekerjasama dengan puskesmas kecamatan.

Dengan menerapkan protocol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak aman, menjaga kebersihan, dan membatasi jumlah pengunjung posyandu dalam waktu yang sama.

“kegiatan ini tetap penting dilakukan meskipun keadaan kita sedang ditengah pandemic, namun pendataan dan penyuluhan harus dilakukan untuk mengetahui perkembangan balita.

Hal ini untuk mendeteksi keadaan balita sehingga dapat dilakukan penanganan lebih cepat apabila terjadi kasus gizi buruk” kata ibu lisuharni salah satu petugas posyandu.

Kegiatan lainnya selain memeriksa keadaan balita, kader – kader posyandu juga mengadakan penyuluhan kepada para orang tua mengenai makanan sehat seperti susu, roti, daging, bubur kacang hijau, dll.

Walaupun makanan tambahan yang memiliki gizi tinggi, para kader juga mengedukasi kepada orang tua mengenai Pentingnya keutamaan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Terutama asupan gizi dan nutrisi pada seribu hari pertama bayi.

Selain memeriksa dan memberikan penyuluhan mahasiswa KKN UIN Walisongo dan mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry yang membantu para petugas posyandu dan juga membagikan masker kepada para orang tua dan anak-anak yang tidak memakai masker. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan para orang tua walaupun kita akan menghadapi new normal namun protocol kesehatan tetap harus dijalankan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here