Kasadar.com | Olahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan ini harus dilakukan dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang mengembirakan.

Dalam hal olahraga untuk menurunkan berat badan, secara umum diyakini bahwa upaya dan keteraturan lebih penting daripada hal lainnya dan waktu hanya berperan dalam menurunkan berat badan.

Tapi hal ini tak sepenuhnya benar, karena menurut beberapa penelitian berolahraga di malam hari dapat membantu kamu mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat daripada berolahraga di pagi hari, dilansir dari Times of India.

Sebuah tinjauan terhadap dua penelitian, yang dilakukan untuk menilai hubungan antara jam tubuh dan aktivitas fisik menyimpulkan bahwa berolahraga di malam hari mungkin lebih produktif dibandingkan dengan berolahraga di pagi hari.

Kedua penelitian tersebut dilakukan terutama pada tikus. Tantangan utama yang dihadapi para ilmuwan adalah menerjemahkan jam tikus menjadi jam manusia karena tikus aktif di malam hari. Kemudian para ilmuwan melakukan tes yang sama pada 12 manusia dan menemukan hasil yang serupa.

Hal tersebut dianggap baik karena konsumsi oksigen lebih rendah di malam hari, yang akan meningkatkan kinerja kamu dan pada akhirnya menurunkan berat badan sedikit lebih cepat.

Selain itu dalam sebuah studi juga ditemukan bahwa protein yang dikenal sebagai HIF-1a, yang memiliki peran penting dalam penurunan berat badan, diaktifkan oleh olahraga dengan cara yang berbeda tergantung pada waktu.

Menurut American Council on Exercise, tingkat kinerja lebih baik di malam hari karena otot yang tertekuk dan hangat.

Meski sudah ada penelitian yang membuktikan olahraga di malam hari bisa menurunkan berat badan. Namun tetap perlu adanya penelitian mendalam untuk sampai pada kesimpulan yang kuat.

Nah, perlu juga untuk diketahui bahwa hanya berolahraga saja tidak akan membantu kamu mencapai tujuanmu, untuk itu tetap jaga pola makan yang sehat dan bergizi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here