Kasadar.com | Banyak yang menyebutkan bahwa durian adalah raja dari segala buah. Selain memiliki ciri kulit yang keras dan berduri, durian punya daya tarik tersendiri karena rasanya yang enak dan aromanya yang khas.

Banyak orang suka durian, namun banyak yang tidak tahu bahwa bila terlalu banyak mengkonsumsi buah durian itu bisa berbahaya bagi tubuh.

Selain kaya vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh, durian juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang lebih tinggi dibanding buah lain sehingga dapat menyebabkan obesitas.

Obesitas inilah yang pada akhirnya dapat menjadi faktor risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Untuk itu, ada beberapa orang yang tak dianjurkan mengonsumsi durian atau diberi batasan saat mengonsumsi durian.

Nah, berikut orang dengan 6 kondisi yang tak disarankan makan durian dalam jumlah banyak karena akibatnya bisa fatal.

  1. Kolesterol tinggi

Buah lezat ini mengandung kolesterol dalam jumlah sangat besar. Jadi, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol, sebaiknya tidak terlalu banyak memakan buah ini. Kolesterol tinggi dan asam urat dapat menyebabkan komplikasi.

  1. Sakit jantung

Bagi mereka yang menderita penyakit jantung, makan durian bisa berakibat sangat fatal, karena dapat memperburuk kesehatan jantung. Kandungan alkohol dan kolesterol tinggi dalam durian menyebabkan detak jantung yang tidak terkendali. Jadi, bagi penderita penyakit jantung jangan terlalu berlebihan mengonsumsi buah yang lezat ini.

  1. Hipertensi

Penderita hipertensi sering mengalami komplikasi penyakit jantung. Kandungan alkohol dalam buah durian dapat meningkatkan tekanan darah pasien hipertensi. Tekanan darah yang naik akan memicu detak jantung yang lebih cepat dan penyakit jantung secara tiba-tiba. Jika tekanan darah naik dan serangan jantung menyerang bersamaan, efek kematian bisa saja terjadi.

  1. Diabetes

Durian mengandung gula sangat banyak sehingga makan durian dalam jumlah banyak dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan menyebabkan diabetes. Jika Anda memiliki riwayat diabetes, sebaiknya menghindari buah ini.

  1. Ibu hamil

Janin dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang berlebihan. Jika ibu hamil makan durian, efeknya pada perut akan terasa panas. Panas yang berlebihan bisa sampai menyebabkan kematian janin. Kandungan alkohol yang tinggi pada durian menyebabkan sensasi terbakar di rahim. Kadar alkohol yang tinggi juga ditemukan pada nangka dan nanas. Hal ini lah yang membuat ibu hamil hanya diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam jumlah terbatas.

  1. Ginjal

Durian mengandung zat etanol, metanol, serta etil metakrilat dalam bentuk senyawa sulfur.  Bahaya etanol dan metanol juga sangat memprihatinkan bagi kesehatan. Untuk pasien dengan riwayat penyakit ginjal, semua zat tersebut bisa memperburuk kesehatan ginjal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here