Penampakan Sepasang Harimau Muncul di Aceh Selatan

147

Kasadar.com, Aceh Selatan | Sepasang harimau Sumatera terekam kamera trap yang dipasang di salah satu wilayah di Aceh Selatan, Aceh. Warga sekitar lokasi diimbau tidak berkebun sendirian.

“Selama sebulan ini, dua ekor harimau ini 11 kali tertangkap kamera trap. Beberapa hari lalu, warga merekam dengan kamera poket juga di pinggir jalan,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo, saat dimintai konfirmasi, Senin (26/11/2018).

Di lokasi kemunculan harimau ini, BKSDA sudah memasang dua kamera trap. Pihak BKSDA, WSC serta Polsek Kluet, Aceh Selatan menggelar patroli setiap hari bersama masyarakat.

“Harimau terdeteksi dua ekor, jantan dewasa dan betina beranjak remaja berusia 2-3 tahun yang mulai birahi,” kata Sapto.

Sejauh ini, belum ada laporan konflik harimau dengan manusia di sana. Meski demikian, satwa dilindungi ini beberapa kali muncul di jalan dan perkebunan warga.

“Kalau konflik dalam arti makan ternak dan lain-lain belum. Tapi harimau posisi beberapa kali di jalan dan kebun desa,” ujar Sapto.

Sapto menambahkan, “BKSDA sudah sosialisasikan masyarakat untuk jangan beraktivitas di kebun sendirian, dan agar sudah kembali ke rumah pukul 16.00 WIB. Kita juga menyisir lokasi serta jalan tikus akses harimau dari kemungkinan pemasangan jerat serta umpan beracun,”.

 

SUMBERdetik.com
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here