PSGA UIN Ar-Raniry Gelar TOT PPRG

136

Kasadar.com, Banda Aceh| Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali gelar Training of Trainer Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), kegiatan tersebut berlangsung 3-5 Oktober 2018 di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh.

Kepala PSGA UIN Ar-Raniry, Dr. Nashriyah, MA, disela-sela kegiatan, Rabu (3/10/2018) mengatakan, kegiatan TOT PPRG di laksanakan dengan tujuan terbangunya komitmen bersama untuk menerapkan perencanaan penganggaran yang responsive gender di fakultas-fakultas dan lingkungan kerja lain di UIN Ar-Raniry.

“Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan,” ujarnya.

Dikatakan, Pelaksanaan integrasi PUG ke dalam siklus perencanaan dan penganggaran di tingkat pusat dan daerah diharapkan dapat mendorong pengalokasian sumber daya pembangunan menjadi lebih efektif, dapat dipertanggungjawabkan, dan adil dalam memberikan manfaat pembangunan bagi seluruh penduduk Indonesia, laki-laki maupun perempuan.

“Kita berharap, proses penyusunan perencanaan di UIN Ar-Raniry hendaknya mempertimbangkan aspek keadilan gender, sebagaimana dijelaskan dalam regulasi yang lain seperti termuat dalam Permendagri No 15 Tahun 2008”.

Nashriyah menambakan, lebih jauh output dari kegiatan tersebut adalah dikeluarkannya SK Rektor tentang Focal Point PUG UIN Ar-Raniry, antara lain bertugas untuk mempromosikan pengarusutamaan gender  pada unit kerja, memfasilitasi penyusunan rencana kerja dan penganggaran yang responsif gender, melaksanakan pelatihan, sosialisasi, advokasi pengarusutamaan gender kepada seluruh pejabat dan staf di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Lebih lanjut kata Ketua PSGA, melaporkan pelaksanaan PUG kepada pimpinan UIN Ar-Raniry, mendorong pelaksanaan analisis gender terhadap kebijakan, program, dan kegiatan pada unit kerja, dan memfasilitasi penyusunan data gender pada masing-masing Unit Kerja di Lingkungan UIN Ar-Raniry.

Kepala Biro AUPK, Drs. Junaidi dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan UIN Ar-Raniry telah memperhatikan dengan keadilan dan keterwakilan perempuan baik dijajaran pimpinan maupun lainnya, baik ditingkat dekan, wakil dekan dan ketua prodi.

“Keadilan dan responsif gender ini merupakan kebijakan, termasuk fasilitas dan gedung di UIN Ar-Raniry, terutama gedung-gedung baru, begitu juga dengan penyusunan anggaran,” kata Junaidi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 27 peserta, terdiri dari bagian keuangan dan perencanaan, tenaga pengajar atau dosen perwakilan masing-masing fakultas, perwakilan lembaga, dan unit pelaksana teknis di Lingkungan UIN Ar-Raniry.

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here