Pulang Kampung Peppas Jakarta Santuni Anak Yatim dan Rateb Siribee

110

Kasadar.com, Aceh Selatan | Persatuan Persaudaraan Peulumat Aceh Selatan (Peppas) Jakarta dalam kegiatan “Mudik Bareng 2019” adakan santunan bagi  Anak Yatim se Kec. Labuhanhaji Timur dan Dzikir Akbar Rateeb Sirebe.

Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari yang berbeda.

Penyantunan untuak Anak Yatim Se Kec. Labuhanhaji Timur dilaksanakan pada hari Sabtu, 01/06/2019.

Sedangkan Dzikir Akbar Rateb Seribe  dilaksanakan pada Jum’at Malam, 07/06/2019 di Gampong Paya Peulumat, Kec. Labuhanhaji Timur, Kab. Aceh Selatan.

Ketua Ummum Peppas Nazir Suady menyebutkan “Penyantunan Anak Yatim merupakan kegiatan rutin Peppas dalam setiap pelaksanaan program Mudik Bareng untuk merakayan Hari Raya Idul Fitri bersama sanak family di Kampung Halaman”.

Sedangkan Dzikir Akbar Rateb Siribee merupakan  Kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Peppas Jakarta di kampung halaman dalam program Mudik Bareng”.

Nazir Suady mengisahkan,  “sejak lahirnya Peppas yang digagas olehnya bersama Khairunnas (sekarang Waly Nanggroe MPTT Jakarta) pada tahun 1998, Peppas telah banyak melakukan kegiatan untuk mempersatukan masyarakat kita di Jakarta dengan berbagai program dan kegiatan, namun sangat minim program yang bersentuhan dengan keAgamaan, selain kegiatan keAgamaan serimonial pada Hari Besar Ummat Islam”.

“Hal hasil program-program tersebut kurang membawa manfaat yang baik bagi kehidupan kami pribadi,  keluarga dan organisasi selama mencari rezki di Jakarta”.

Kemudian pada Tahun 2004, Abuya Syekh H. Amran Waly Al Khalidy datang mengunjungi kami di Jakarta”.

Dengan Majelis Pengkajian Tauhid Tashawuf-nya,  perlahan-lahan, Abuya berhasil membimbing kami,  hingga kami berkemauan menjani kehidupan yang lebih Islami. Berkemauan melaksanakan menuntut ilmu Agama, melaksanakan sya’riat pun mulai baik”.

“Dan kami yang sebelumnya  banyak melakukan pekerjaan yang tidak baik dan sia-sia untuk mengisi waktu luang,  Alhamdulillah berkat bimbingan Abuya Syekh H. Amran Waly Al Khalidy, waktu luang kami di Jakarta telah tergantikan dengan kegiatan keAgamaan seperti, pengajian fiqih,  memperbagus bacaan Al Qur’an,  memprlajari Tareqat dan Tauhid kesufian juga dzikir berjamaah (rateb siribee) hampir setiap malamnya dalam seminggu di Jakarta”.

“Pada kegiatan yang kita laksanakan bersama Jama’ah MPTT-I dan Masyarakat Gampong Paya Peulumat pada malam ini, sengaja bertemakan : Dzikir Akbar Rateeb Seribee Untuk Menyatukan Ummat dan Mengokohkan Iman”

“Tujuan untuk berbagi rasa dan pengalaman dengan sanak kami yang ada dikampung halaman”.

“Karna memang seperti itulah yang kami alami dan rasakan selama mengadu nasib di perantauan (Jakarta)”. Terang Nazir Ketua Umum Peppas menutup kisahnya.

Camat Labuhanhaji Timur,  Salmiadi, SE, MH., pada kesempatan yang sama mengajak masyarakat untuk “menyatukan diri” membangun Kec. Labuhanhaji Timur.

“Terutama untuk melaksanakan Pengkajian Tauhid Tashawuf dan Rateb Siribee”. Ajak Salmiadi.

Selanjutnya rangkaian kegiatan juga diisi oleh tausyiah yang disamlaikan oleh Abon Baharuddin Pimpinan Ponpes Darul Makmur Gampong Paya Peulumat dan Tgk Fahmy Ulama Muda yang juga di Kenal nama Tgk Ahmad Syihabuddin, beliau adalah salah satu guru besar Ponpes Darul ‘Amilin Gampong Gunung Rotan.

Kemudian tanggapan dari beberapa tokoh masyarakat disampaikan oleh : H. Mirwan.,MS, SE, (cabup Asel 2018), Jasman (Tokoh Muhummadiyah di Kab. Abdiya), Tgk. H. Muhibuddin (Tokoh Masyarakat Sawang), dan Khairunnas (Waly Nangroe MPTT) Jakarta.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan Pengakajian Tauhid Tashawuf, Rateb Siribee dan Do’a Oleh Murabby Abuya Syekh H. Amran Waly Al Khalidy

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here