Kasadar.com | Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia. Telur ayam biasanya digoreng, direbus, atau sebagai campuran masakan lain. Selain memiliki cita rasa enak dan gurih, ternyata telur ayam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Healthline, telur ayam sangat kaya akan vitamin B12 dan selenium. Oleh karena itu, beberapa kandungan tersebut dipercaya efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Telur ayam sangat baik dikonsumsi secara rutin dan teratur. Berbagai kandungan di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Lantas, apa saja manfaat telur ayam untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Menjaga Fungsi Otak

Manfaat telur ayam yang pertama dapat menjaga fungsi otak. Kandungan vitamin, mineral, dan protein dalam telur ayam berperan penting dalam fungsi dan perkembangan otak. Beberapa kandungan lain pada telur ayam juga bisa membantu membangun membran sel di seluruh tubuh dan otak.

Oleh karena itu, mengonsumsi telur ayam secara rutin dan teratur sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak.

Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengonsumsi telur ayam.

Telur ayam memiliki efek antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi telur secara teratur dapat mencegah radikal bebas.

Manfaat telur ayam yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi telur ayam.

Kandungan vitamin A pada telur ayam berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya kita melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Telur ayam mengandung protein dan omega-3 yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Sehingga telur ayam dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi telur ayam secara teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Kehamilan

Manfaat telur ayam lainnya ialah mampu menjaga kesehatan selama kehamilan. Telur ayam memiliki kandungan kolin yang mampu menciptakan neuritransmitter dan memfasilitasi komunikasi saraf ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga diperlukan untuk sintesis DNA dan kesehatan sel darah merah yang baik untuk kehamilan.

Telur ayam juga mengandung selenium yang dapat membantu mengatur hormon metabolisme dan berperan penting dalam menjaga kesuburan kandungan. Omega-3 pada kuning telur juga berfungsi efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi.

`

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here